
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media komputer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang rangkaian kegiatan berbentuk siklus mencakup empat tahapan (1) Perencanaan/ Planing, (2) Tindakan/acting, (c) Pengamatan/observasi dan (d) refleksi/reflecting. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes meliputi tes yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, inteligensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Angket digunakan untuk engumpulan data yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada siswa untuk menjawabnya. Hasil analis data menjelaskan bahwa uji model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media komputer dalam meningkatkan kreativitas belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Analisis data juga menyimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media komputer lebih baik dalam meningkatkan kreativitas belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Â Kata kunci: Think-Pair-Share (TPS), Media Komputer, Kreativitas. |
DOIhttps://doi.org/10.31604/eksakta.v1i2.%25p |
Article metrics10.31604/eksakta.v1i2.%p Abstract views : 1878 | PDF views : 680 |
Cite |
Full Text![]() |
Refbacks
- There are currently no refbacks.