PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA

(1) * Nursahara Nursahara Mail (Dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, peningkatan kemampuan representasi matematik dan self efficacy siswa, serta respon siswa. Penelitian pengembangan ini terdiri dari buku pegangan guru, buku siswa, lembar kerja siswa , rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan guru, pedoman wawancara dan pengamatan sikap siswa. Model pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan, dan Semmel meliputi tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Dari hasil uji coba I dan II diperoleh bahan ajar memenuhi kriteria kevalidan dengan predikat sangat valid, bahan ajar yang praktis, hasil observasi saat proses pembelajaran dan hasil wawancara, memenuhi kriteria keefektifan pencapaian persentase waktu ideal, hasil tes kemampuan representasi matematis memenuhi ketuntasan, dan hasil angket respon guru dan siswa.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Matematika Realistik, Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Representasi Matematis

   

DOI

https://doi.org/10.31604/eksakta.v2i2.115-121
      

Article metrics

10.31604/eksakta.v2i2.115-121 Abstract views : 1744 | PDF views : 926

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.