ANALISIS PEMASARAN JAHE (Zingiber officinale Rosc.)

(1) * Juni Hartati Mail (Universitas Graha Nusantara, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pengusahaan dan pengembangan komoditi tanaman jahe merupakan penghasil devisa negara yang potensial dihari-hari yang akan datang mengingat kegunaan tanaman jahe dalam kebutuhan manusia. Pemasaran produk pertanian cenderung merupakan proses yang agak kompleks, sehingga saluran pemasaran lebih panjang dan mencakup lebih banyak lembaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran pada saluran pemasaran jahe di daerah penelitian. Dalam penelitian ini, alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan tabulasi sederhana untuk margin pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada 5 saluran pemasaran jahe yang terdapat di daerah penelitian. Margin pemasaran yang paling rendah terdapat pada saluran pemasaran I dan margin pemasaran yang tertinggi pada saluran pemasaran III.

Kata kunci : produk, pertanian, margin, komoditi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jap.v2i2.510
      

Article metrics

10.31604/jap.v2i2.510 Abstract views : 4381 | PDF views : 2874

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Gultom HLT. 1996. Tataniaga Hasil Pertanian. Medan (ID): Fakultas Pertanian USU

Kartasapoetra G. 1986. Marketing Produk Pertaniandan Industri yang Diterapkan di Indonesia. Jakarta (ID): Bina Aksara.

Risfaheri SR. 1991. Pengolahan Jahe Segar untuk Eksport. Medan (ID): Departemen Pertanian.

Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta (ID): Rajawali Pers.

Soekartawi. 1991. Pembangunan Pertanian. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.

Sumawihardja S, Suparlan S, Sucherli. 1991. Intisari Manajemen Pemasaran. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Supriadi. 1992. Analisis Efisiensi Produksi dan Pemasaran Jahe di Sumatera Utara. [tesis]. Bogor (ID): Fakultas Pasca Sarjana IPB.

Winardi. 1989. Aspek-Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Bandung (ID): Mandar Maju.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.