ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIASAAN MEMINJAM ALAT TULIS DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

(1) * Reza Fahlefi Harahap Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Siti Kholiza Sibarani Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Nurul Arifah Zahra Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Rahmah Yasrah Dalimunthe Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Adek Kholijah Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(6) Khoiriah Barokah Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kebiasaan meminjam alat tulis dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap pengalaman dan persepsi siswa mengenai kebiasaan tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, yang mencakup proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan meminjam alat tulis dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu kurangnya kesiapan siswa dalam membawa perlengkapan sekolah, kondisi ekonomi keluarga, budaya saling tolong-menolong di lingkungan kelas, serta kurangnya pengawasan dari orang tua. Selain itu, ditemukan bahwa kebiasaan ini dapat berdampak pada keterlambatan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan menurunkan kemandirian. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kerja sama antara sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan tanggung jawab dan kesiapan siswa dalam membawa alat tulis secara mandiri.

Kata kunci: Kebiasaan meminjam, Alat Tulis, Sekolah Dasar


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpd.v3i1.21495
      

Article metrics

10.31604/jpd.v3i1.21495 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Chen, A. (2024). The Relationship Between Family Socioeconomic Status And Online Education Usage : A Data Analysis Based On K-12 Students. 2(3). Https://Doi.Org/10.70376/Jerp.V2i3.205

Diniaty, A. (2019). Perbedaan Penanganan Perilaku Siswa Yang Mengganggu Dalam Proses Pembelajaran Klasikal Sekolah Menengaholeh Guru Laki-Laki Dan Perempuan. 156–172.

Eriksson, K., Lindvall, J., Helenius, O., & Ryve, A. (2021). Socioeconomic Status As A Multidimensional Predictor Of Student Achievement In 77 Societies. 6(November), 1–10. Https://Doi.Org/10.3389/Feduc.2021.731634

Ersan, O., & Rodriguez, M. C. (2020). Socioeconomic Status And Beyond : A Multilevel Analysis Of Timss Mathematics Achievement Given Student And School Context In Turkey. Large-Scale Assessments In Education. Https://Doi.Org/10.1186/S40536-020-00093-Y

Fatimah, T., & Harimurtiningsih, T. W. (2020). Pengaruhpemanfaatan Koleksibukupenunjang Terhadap Prestasibelajarsiswadimadrasah Aliyahnegeri(Man) 1semarang. 1(1), 8–13. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26623/Jisl.V1i1.2487

Heppt, B., Olczyk, M., & Volodina, A. (2022). Number Of Books At Home As An Indicator Of Socioeconomic Status : Examining Its Extensions And Their Incremental Validity For Academic Achievement. Social Psychology Of Education, 25(4), 903–928. Https://Doi.Org/10.1007/S11218-022-09704-8

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3519

Mayasari. (2023). Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. Business And Accounting Education Journal, 4(1), 18–24. Https://Doi.Org/10.15294/Baej.V4i1.69420

Munjiat, S. M. (2020). Menumbuhkan Minat Siswa Sd Terhadap Mata Pelajaran Matematika. 2(1), 139–150.

Nazila, S. F. (2024). Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Studi Survei Di Smk Daarul Uluum. 7(4), 12549–12555. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i4.34069

Rahmadani, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 45–53. Https://Doi.Org/10.55732/Jmpd.V2i1.37

?engönül, T. (2022). A Review Of The Relationship Between Parental Involvement And Children ’ S Academic Achievement And The Role Of Family Socioeconomic Status In This Relationship. 12(2), 32–57. Https://Doi.Org/10.47750/Pegegog.12.02.04

Sheridan, S. M., Knoche, L. L., Edwards, C. P., Bovaird, J. A., & Kevin, A. (2014). Parent Engagement And School Readiness: Effects Of The Getting Ready Intervention On Preschool Children’s Social– Emotional Competencies. 21(1), 1–31. Https://Doi.Org/10.1080/10409280902783517.Parent

Siregar, P. D., Hrp, W. Y., Hasibuan, M. Z., & Ishfi, M. H. (2025). Meminjamkan Barang Pinjaman. 9(1), 2231–2239.

Wahid, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Sarana Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Sd Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Dikdas Matappa : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, April, 33–42. Https://Doi.Org/10.31100/Dikdas.V3i1.575


Refbacks

  • There are currently no refbacks.