PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ETIKA DAN MORAL ANAK DI SEKOLAH DASAR

(1) * Lira Syahfitri Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Nurhamida Fitri Simatupang Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Jumaita Nopriani Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Ihsan Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Rini Agustini Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(6) Rini Yanti Hasanah Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran strategis guru dalam mengembangkan etika dan moral anak di tingkat sekolah dasar. Guru tidak hanya bertindak sebagai pendidik akademik, tetapi juga sebagai teladan dan pembimbing moral bagi peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru serta aktivitas pembelajaran di lingkungan sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter siswa melalui integrasi nilai-nilai etika dan moral dalam kegiatan pembelajaran, penegakan disiplin positif, serta melalui keteladanan dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Pengembangan etika dan moral anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain lingkungan keluarga yang mendukung, budaya sekolah yang positif, serta pengaruh masyarakat sekitar yang memberikan contoh konkret dalam kehidupan sosial. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah, keluarga, dan lingkungan sosial sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pembentukan etika dan moral anak. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kapasitas guru dalam pendidikan karakter sejak dini.

Kata kunci: Peran Guru, Etika dan Moral, Sekolah Dasar

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpd.v3i1.21492
      

Article metrics

10.31604/jpd.v3i1.21492 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aini, F., Ramadan, Z. H., & Riau, U. I. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar Else ( Elementary School Education. 8(2), 331–339. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v8i2.23220

Aisyah, F. N., Syifah, D. N., Sasra, A. I., Munia, I. A., Chairun, I. A., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2023). Peran Guru Profesional Dalam Membentuk Karakter. CaXra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03(01), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.872

Alkhasanah, N., Studi, P., Pendidikan, M., & Surakarta, U. M. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

Anjura, D., Ananda, P., Syauqi, F., Bilhard, R., & Salsabila, G. (2025). Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembinaan Nilai Moral dan Karakter : Prespektif Psikologi , Sosiologi , dan Antropologi. 4(1), 2962–2965. https://doi.org/10.57235/aurelia.v4i1.3323

Anshori, Y. Z. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 928–933. https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2121

Borg, C. (2024). Qualitative Naturalistic Research In brief. December. https://doi.org/10.5281/zenodo.11526430

C, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 49. https://doi.org/10.29210/02928jpgi0005

Fadil, K. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–133. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411

Fadilla, D. D., Yasmin, E. A., Inar, I., Amaniah, I. N., & ... (2022). Peran Guru SD Dalam Membangun Etika Peserta Didik Di Sekolah Dasar Berdasarkan Pancasila. Jurnal …, 6(1), 2043–2054.

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097

Paedagoria, S. N., Muhdar, S., Rahman, N., Guru, P., Dasar, S., & Mataram, U. M. (2024). Peran Guru Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Pembentukan Etika dan Moral Guna Mencegah Terjadinya Kekerasan Bullying. 4, 108–117.

Pratama, P. S., Mawardini, A., & Rahayu, R. (2023). Peran Guru Sebagai Role Model dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(5), 2013–2027. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9046

Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.132

Saputri, R. E., Maula, N., Adawiyyah, P., & Putri, R. A. (2024). Peran Guru terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.910

Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638


Refbacks

  • There are currently no refbacks.