MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH YANG SANTUN DI SDS No.101243 MUHAMMADIYAH SIPIROK

(1) * Siti Kholiza Sibarani Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Lira Syahfitri Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Darliana Sormin Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Delila Sari Batubara Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Rini Agustini Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(6) Khoiriah Barokah Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Membangun budaya sekolah yang santun merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan harmonis. Penelitian ini berfokus pada implementasi budaya santun di SDS No. 101243 Muhammadiyah Sipirok, dengan latar belakang adanya tantangan dalam mewujudkan nilai-nilai kesantunan di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah, guru, dan orang tua sangat signifikan dalam membangun budaya santun melalui keteladanan, integrasi nilai-nilai moral dalam kurikulum, serta penguatan komunikasi antara pihak sekolah dan keluarga. Selain itu, ditemukan bahwa kegiatan keagamaan rutin, penguatan karakter melalui pengawasan disiplin menjadi strategi efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang santun. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi semua pihak dan konsistensi dalam pelaksanaan program menjadi kunci keberhasilan membangun budaya santun di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pendidikan karakter berbasis budaya lokal yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Kata kunci: Budaya sekolah, Sikap Santun, Sekolah Dasar


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpd.v3i1.21491
      

Article metrics

10.31604/jpd.v3i1.21491 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Albanna, B. F., Corbo, J. C., Dounas-frazer, D. R., Little, A., & Zaniewski, A. M. (2012). Building Classroom and Organizational Structure Around. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/1.4789638

Anggreiny, D., Afprilia, I., Pebriani, R. D., Putri, Y., & Utami, I. (2025). Analysis of the Implementation of 5S Culture ( Smile , Greet , Say Hello , Be Polite , Courteous ) at SDN 78 Bengkulu City Analisis Penerapan Budaya 5 S ( Senyum , Salam , Sapa , Sopan , Santun ) di SDN 78 Kota Bengkulu. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(4), 972–977. https://doi.org/https://doi.org/10.55583/jkip.v5i4.1173

Darmiyati Zuchdi. (2006). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.224

Dwi, M., Natasya, J., Sari, R., & Maryatul, S. (2024). Analisis Nilai Karakter Kesopanan dan Kesantunan Siswa Kelas V SD Negeri Purwoyoso 04 pada Penerapan Peraturan 5S di Sekolah. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(6), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.11519736

Husna, N. A., & Ismaya, E. A. (2022). Penanaman Budaya 5S ( Senyum , Sapa , Salam , Sopan ,. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 561–567. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.441

Isnaeni, K., & Rigiati, H. A. (2024). Kultur Sekolah Sebagai Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Ngebel. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 453–461. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.12991

Kartika, S. N., Khofifah, L., Fauziati, E., & Sumardjoko, B. (2025). Pengembangan Kurikulum Berbasis Nilai Moral Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 07(02), 10049–10058. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8013

Lulu’ Unadiroh. (2025). Analisis Pelaksanaan Budaya 5s Untuk Menguatkan Karakter. Jurnal Citizenship Virtues, 5(1), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2311

Ningsih, Z., Safira, G. M., Naafi, A., Zulfahmi, M. N., Studi, P., Sekolah, G., Islam, U., & Ulama, N. (2025). Problema Degradasi Budaya Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 370–378. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1571

Nurrahma, P. D., & Madiun, U. P. (2024). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Sabtu Santun Yang Dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Pucangombo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5.

Octaviasari, S. (2023). ANALISIS SIKAP SOPAN SANTUN TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SD NEGERI MAYANGAN. USRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 907–922.

https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1715

Rohmah, A. S. (2021). Model Pendidikan Karakter Berbahasa Santun di SD Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8(2), 378–384. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35346

Safitri, I. N., & Wiranti, D. A. (2025). Analisis Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama Alus Untuk Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta Didik Pada Fase B di SD. Jurnal Educatio, 11(2), 361–370. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12774

Saputri, S., & Ardivanto, A. (2025). Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Ournal of Education Research, 0738(1), 166–173. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2293

Shelton, R. C. (2020). A review of qualitative data analysis practices in health education and health behavior research. HHS Public Access, 46(1), 32–39. https://doi.org/10.1177/1090198118795019.A

Siregar, A. Y., Murhayati, S., Studi, P., Pendidikan, M., Islam, A., Studi, P., Pendidikan, M., & Islam, A. (2024). Metodologi Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif : Kajian Konsep ,. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 45305–45314


Refbacks

  • There are currently no refbacks.