
(2) Darliana Sormin

(3) Jumaita Nopriani Lubis

(4) Rosmaimuna Siregar

(5) Rahmah Yasrah Dalimunthe

*corresponding author
AbstractMendidik adalah tugas, amanah, dan tanggung jawab orang tua, guru, atau tenaga pendidik yang berwenang. dalam lingkungan dan situasi bagaimanapun, seorang pendidik harus membuat peserta didik mampu menyerap dan memahami materi dan pengajaran yang diarahkan dan disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pendidikan Islam, peserta didik bukan hanya objek pembelajaran, tetapi juga subjek yang berperan aktif dalam mengembangkan diri. Tugas dan kewajiban mereka mencakup niat yang tulus untuk mencari ilmu, menghormati pendidik, serta menjaga kesucian hati sebelum belajar. Pendidikan Islam juga memperhatikan kebutuhan peserta didik, baik fisik, sosial, mental, maupun spiritual, untuk memastikan perkembangan mereka berjalan optimal. Kata Kunci: Peserta didik, Pendidikan, Pendidikan Islam |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpd.v2i2.21452 |
Article metrics10.31604/jpd.v2i2.21452 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam AlIlmi, 4(1).
Abdul Mujib. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Fajar Interpratama Offset.
Al-Attas, S. M. N. (1979). The Concept of Education in Islam. Muslim Youth Movement of Malaysia.
Al-Ghazali. (1997). Ihya Ulumuddin (Kebangkitan Ilmu-ilmu Agama). Terj. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.
Al Rasydin. (2008). Falsafah Pendidikan Islami : Membangun Kerangka Ontologi, Epistomologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Cipta Psutaka Media Perintis.
Armai Arief. (2002). Ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Pres.
Asma HasanFahmi. (1979). Sejarah Dan Filsafat Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Chairuna, S., Siagian, U. R., & Dalimunthe, Z. (2023). ALACRITY : Journal Of Education. 3(2), 10–18.
Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. 1(113), 140–155.
Ibnu Khaldun. (2014). Muqaddimah. Pustaka Al-Kautsar.
Irawan. (n.d.). Dimensi Kebutuhan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. 1–13.
Islam, U., & Banda, N. A. (2021). Hakikat peserta didik dalam pendidikan islam. 11(1), 165–180.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mufidah, N. Z. (2021). Integrated Curriculum Management In Forming Students Life Skills In SDI Qur’ani Al-Bahjah Tulungagung. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(2), 83–98.
Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. (1970). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Putri Ani Dalimunthe. (2003). PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. 84–98.
Suwito. (2008). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Kencana.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.