UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN MEDIA KARTU BILANGAN DI SD NEGERI 101660 BAHAL KECAMATAN PORTIBI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

(1) * Erliana Nasution Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Jumaita Nopriani Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Ihsan siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Samsidar Samsidar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Rosmaimuna Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(6) Rini Yanti Hasanah Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media permainan kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 101660 Bahal. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian Tindakan Kelas  atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang memaparkan sebab-akibat dari perlakuan, sekaligus memaparkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sapai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil tes pembelajaran menunjukkan bahwa pada pra-siklus hanya 16% siswa yang tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan bertahap dari pertemuan I (32%), pertemuan II (40%), hingga pertemuan III (48%), namun belum mencapai indikator keberhasilan 90%. Pada siklus II, ketuntasan meningkat signifikan dari pertemuan I (72%), pertemuan II (80%), hingga pertemuan III (92%), sehingga pembelajaran dihentikan karena indikator keberhasilan telah tercapai.

Kata kunci: Hasil Belajar, Permainan, Kartu Bilangan


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpd.v2i2.21448
      

Article metrics

10.31604/jpd.v2i2.21448 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Erman Suherman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika kontemporer. JICA.

Fahrurrozi, S. H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.

M. Ali Hamzah, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.

Miftahul Huda. (2014). Model-Model pengajaran dan pembelajaran: isu-isu medotis dan paradimatis. Pustaka Belajar.

Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).

Sigit Magun Wardoyono. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Graha Ilmu.

Sirwanti. (2017). Efektivitas Penerapan Permainan Kartu Bilangan terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Pallette. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2).

Tri Kusniati. (2020). Menigkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas VI SDN 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya Tahun XVI, 29.

Tri Widya Sandika. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Invention: Journal Research and Education Studies.

Turmudi dan Aljupri. (2009). Pembelajaran Matematika. Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.