UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI SD N 124 BINANGA KABUPATEN MANDAILING NATAL

(1) * Fitri Yusnaini Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Darliana Sormin Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Jumaita Nopriani Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar menggunakan model pembelajaran example non example. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD N 124 Binanga Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal yang menemukan bahwa pembelajara hanya berpusat pada guru sedangkan siswa hanya mendengarkan pembelajaran matematika cenderung membosankan. Hasil yang diperoleh pada pra siklus mencapai 40%, pada siklus I mencapai 65% dan siklus II 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 124 Binanga Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal.


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpd.v2i1.16647
      

Article metrics

10.31604/jpd.v2i1.16647 Abstract views : 206 | PDF views : 109

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Adnan Latief , Mohammad. 2010. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM Press.

Arikunto, Suharsimi, 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

-----------, Suharsimi. 2008. et. all., Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi Ariani, Wahyudi Siswanto. 2016. Model Pembelajaran. Bandung: PT.Refika Aditama.

Nana, R. Ibrahim dan Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusdiana. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pusaka Setia.

Siahaan, Amiruddin Siahaan. Ilmu Pendidikan dan Masyarakat Belajar. Bandung: Ciptapustaka Medi Perintis.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2019. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta : Imperial Bhakti Utama.

Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional. 2003)

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.