Pengaruh Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Terhadap Perkembangan Soft Skill Peserta Didik Pada Mata Kuliah Kegiatan Ko/Ekstrakurikuler Di Sekolah

(1) Mufadhal - Barseli Surat (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, Indonesia)
(2) * Vera - Sriwahyuningsih Surat (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat perkembangan soft skill peserta didik. Latihan dasar kepemimpinan (LDK) dianggap salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan soft skill peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh LDK terhadap perkembangan soft skill peserta didik. Penelitian ini dianalisis menggunakan statistik desriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 Peserta Didik Tingkat SMA di Wilayah Sumatera Barat yang sudah mengikuti LDK dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  secara signifikan antara LDK terhadap perkembangan soft skill sebesar 26,36%. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai analisis kebutuhan peserta didik dalam merancang program bimbingan dan konseling di sekolah.

Kata Kunci


Latihan Dasar Kepemimpinan, Soft Skill.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.300-304
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2021.v6i2.300-304 Abstract views : 1238 | PDF views : 838

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Elfindri. 2011. Soft skill untuk Pendidik. Bandung: Baduose Media.

Hamalik. Oemar. 2007. Menejemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Bandung : Bumi Aksara.

Ichsan, S. Putra & Ariyanti Pratiwi, 2005. Sukses dengan Soft Skill. Bandung: ITB Pers.

Idris Apandi. 2015. Guru Kalbu Penguatan Soft Skills untuk Mewujudkan Guru Profesional dan Berkarakter. Bandung: Smile’s Indonesia Institute.

Illah Sailah. 2008. Pengembangan Soft Skill di Perguruan Tinggi. Bogor: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi.

Muh Tri Bintang Pamungkas. 2016. Pengaruh Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler terhadap Soft Skill Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal.

Muqowin. 2012. Pengembangan Soft Skill Guru. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Putra, I. S. 2005. Sukses dengan Soft Skills. Bandung: Direktorat Pendidikan ITB.

Sutarto. , Joko. 2013. Menejemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublisher.

Teguh susanto. 2012. Softs Skill Sukses dalam Menjalin Relasi. Bandung: Buku Pintar.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d

toto 4d

slot pulsa

Slot88

slot thailand

slot dana

https://jurnalbiologi.fmipa.unila.ac.id/