
(2) Husnul Madihah

(3) Aminah Aminah

*corresponding author
Sari: Guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada seluruh warga sekolah mengenai dampak negatif kekerasan serta pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi untuk mengkaji peran guru bimbingan dan konseling dalam menghadapi tantangan kekerasan di era generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan sebagai penyuluh, edukator, mediator konflik, penyedia dukungan emosional, serta kolaborator dengan orang tua dan komunitas. Strategi yang terbukti efektif dalam mengatasi kekerasan mencakup penyuluhan berkelanjutan, pengembangan keterampilan sosial dan emosional siswa, penyediaan layanan konseling, serta kerja sama dengan berbagai pihak. Implementasi strategi tersebut berkontribusi pada terciptanya lingkungan sekolah yang lebih aman dan mendukung kesejahteraan siswa. Selain itu, pelatihan pengelolaan emosi serta penggunaan teknik role-playing dalam pembelajaran perlu diintegrasikan dalam program sekolah. Tujuannya adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan dalam menghadapi dan menyelesaikan konflik secara konstruktif. Dengan keterlibatan aktif guru bimbingan dan konseling serta dukungan seluruh elemen sekolah, diharapkan potensi kekerasan di lingkungan sekolah dapat diminimalkan, dan siswa dapat tumbuh dalam suasana yang sehat, aman, serta mendorong perkembangan pribadi dan sosial yang positif.
Kata KunciPeran guru Bk; Kekerasan; Gen z
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i4.405-415 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i4.405-415 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Dwi Wulandari, Maison, M., & Dwi Agus Kurniawan. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 93–99. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V13i1.817
Fahyuni, E. F., Taurusta, C., & Hariastuti, R. T. (2023). BUKU AJAR LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Tampilan Menu Asessment Manual BK). UMSIDA PRESS.
Fauzia, R. A. N. F., Cita, S. I., Azijah, A., Adinda, G. S., Amelia, R., Esviani, P., Isti, F. N., & Adah. (2025). Perkembangan Teknologi Membantu Penerapan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(4). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47233/Jpdsk.V1i2.15
Hartini, N. (2019). Peran Guru BK Dalam Mencegah Kekerasan Di Kalangan Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 123–124.
Khofi, M. B., & Heridianto. (2024). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH BULLYING. Ihtirom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 49–68.
Mahyani, A., & Hasinbuan, A. D. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Dampak Bullying Terhadap Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 236–248.
Manihuruk, C. A. (2018). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mengatasi Tindak Kekerasan Pada Teman Sebaya Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.
Nirmalasari, D. Y. (2024). Analisis Perlindungan Hukum Anak Terhadap Kejahatan Kekerasan Seksual. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 1(4). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62383/Konsensus.V1i4.299
Nurhayati, S. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Program BK Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1).
Putri, H. A., & Hibana. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman Dan Nyaman Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754–767. Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V1i1.14536
Rahman, I. A., & Erianjoni, E. (2023). Peran Guru Dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Fisik Pada Siswa Di SMPN 1 Banuhampu. Jurnal Perspektif, 6(1), 143–152. Https://Doi.Org/10.24036/Perspektif.V6i1.733
Ramadhan, S. (2017). KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI MAN KUTA BARO ACEH BESAR. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM-BANDA ACEH.
Sabilla, A. K., & Sutanti, T. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dalam Memperkuat Pendidikan Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan …, 380–394. Http://Www.Seminar.Uad.Ac.Id/Index.Php/PSNBK/Article/View/13215
Salmivalli, C. (2014). Participant Roles In Bullying: How Can Peer Bystanders Be Utilized In Interventions? Theory Into Practice, 53(4), 286–292. Https://Doi.Org/10.1080/00405841.2014.947222
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatatif Dan R&D (1st Ed.). Alafabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Supriatna, M. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Edukasi, 7(2), 47–56.
Veronika, N. D., Saroni, S., & Muntahanah, M. (2022). APLIKASI PENGADUAN BULLYING DAN KEKERASAN ANAK SERTA PEREMPUAN MENGGUNAKAN LOCATION BASE SERVICE. Pseudocode, 9(2), 95–105. Https://Doi.Org/10.33369/Pseudocode.9.2.95-105
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Yusniarti, N. (2023). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Cyberbullying. TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2). Https://Doi.Org/Https://Journal.Uinsi.Ac.Id/Index.Php/TAUJIHAT/Article/View/7560
Zyromski, B., & Dimmitt, C. (2022). Evidence-Based School Counseling: Embracing Challenges/Changes To The Existing Paradigm. Professional School Counseling, 26(1a). Https://Doi.Org/10.1177/2156759X221086729
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.