
(2) Gusman Lesmana

(3) Aguslina Aguslina

*corresponding author
SariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling klasik dengan menggunakan teknik belajar mandiri dalam mengatasi kelelahan akademis pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 29 Medan. Dengan menggunakan kerangka penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus, yang masing-masing terdiri dari dua sesi, penelitian ini melibatkan dua puluh delapan siswa, tujuh belas di antaranya (60,7%) termasuk dalam kategori kelelahan tinggi selama penilaian prasiklus. Data dikumpulkan melalui kuesioner kelelahan, observasi terstruktur, dan jurnal refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah penerapan belajar mandiri pada siklus pertama, siswa menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kelelahan belajar dan mulai mengidentifikasi serta menantang pola pikir negatif yang memicu stres akademis. Setelah itu, mereka mulai menginternalisasi self-talk afirmatif dan mengkalibrasi ulang skema kognitif mereka, yang terwujud dalam peningkatan motivasi intrinsik dan peningkatan efikasi diri. Pengamatan oleh konselor sekolah dan peneliti mencatat suasana kelas yang lebih terbuka, partisipatif, dan stabilitas emosional yang lebih baik di antara siswa. Data kuesioner selanjutnya menguatkan adanya penurunan substansial dalam proporsi siswa yang mengalami kelelahan tinggi, disertai dengan peningkatan signifikan dalam sikap belajar positif. Dengan demikian, temuan tersebut membuktikan bahwa teknik belajar mandiri menawarkan intervensi yang ampuh untuk mengurangi stres akademis yang dipicu oleh perbandingan sosial dan kecenderungan perfeksionis. Â Kata Kunciburnout belajar; layanan bimbingan klasikal; teknik self-instruction; stres akademik; motivasi intrinsik
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.794-801 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i7.794-801 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Ananta, R. B., & Suryawirawan, O. A. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Burnout Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Potong Hewan Surya Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 12(4).
Febrita, D., Hartuti, P., & Sinthia, R. (2014). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hubungan Sosial Teman Sebaya Siswa Di Kelas Vii Di Smpn 4 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Harnida, H. (2015). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Perawat. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).
Maynawati, A. F. R. N., Nurhayati, M. A., & Kurniawati, Y. I. (2022). Layanan Bimbingan Klasikal Secara Online Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Selama Pandemi Covid-19. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93-100.
Yudhaningrum, L., & Hanifah, A. (2019). Hubungan Antara Sense Of Humor Dan Burnout Pada Guru Sd Di Jakarta Timur. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(2), 69-75.
Muhammad, A. A. (2024). Implementasi Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir Peserta Didik Kelas Xii Di Sman 1 Abung Tinggi (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Primita, H. Y., & Wulandari, D. A. (2014). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Burnout Pada Atlet Bulutangkis Di Purwokerto. Psycho Idea, 12(1).
Lasabuda, T. E. P., Syafruddin, S., Selvia, S., Mesa, N. D. K., & Intang, S. N. (2024). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kondisi Penurunan Energi Mental Atau Fisik (Burnoit) Dengan Stress Kerja Pada Perawat Di Rumah Sakit. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 9565-9572.
Hidayatullah, H. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).
Hidayatullah, H. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).
Nelma, H. (2019). Gambaran Burnout Pada Profesional Kesehatan Mental. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sdm, 7(2), 12-27.
Harnida, H. (2015). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Perawat. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).
Tadu, I. A., Nursiani, N. P., Salean, D. Y., & Fanggidae, R. E. (2024). Pengaruh Work-Life Balance Dan Burnout Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Perempuan Pada Bank Ntt Kantor Pusat Kota Kupang. Glory Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(6), 1271-1278.
Nelyahardi, N. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 4 Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Unja).
Aryanti, R. D., & Mulyani, S. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Burnout Pada Perawat Rsud Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan (Doctoral Dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, T. B. (2020, December). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Melalui Aplikasi Icando Pada Siswa Kelas I Sdn Pondok Pinang 08 Pagi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj (Vol. 2020).
Imaniar, R. R. L., & Sularso, R. A. (2016). Pengaruh Burnout Terhadap Kecerdasan Emosional, Self-Efficacy, Dan Kinerja Dokter Muda Di Rumah Sakit Dr. Soebandi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship,
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.