
(2) Eva Kartika Wulansari

(3) Imam Arifuddin

*corresponding author
SariPenelitian ini bertujuan memahami dinamika psikologis Generasi Z dalam memilih dan mengembangkan karier masa depan di era digital, khususnya pada profesi konten kreator dan pro player (pemain e-sport profesional). Latar belakang penelitian ini adalah perubahan lanskap karier pada era Revolusi Industri 4.0 yang menuntut fleksibilitas, kreativitas, dan adaptasi terhadap teknologi. Generasi Z, sebagai digital native, cenderung memilih karier non-tradisional yang sesuai dengan minat, ekspresi diri, dan peluang finansial. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologis terhadap dua partisipan utama yang telah menekuni profesi konten kreator. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori Donald Super digunakan sebagai kerangka analisis untuk melihat tahapan eksplorasi karier, pengaruh faktor internal-eksternal, dan perkembangan konsep diri. Hasil menunjukkan bahwa motivasi karier subjek dipengaruhi oleh pengalaman pribadi, tekanan ekonomi, serta inspirasi dari figur publik. Dukungan sosial dari komunitas, teman sebaya, dan pasangan memperkuat pilihan karier subjek. Temuan menekankan pentingnya konsep diri, nilai personal, minat, serta kemampuan adaptasi teknologi dalam pengambilan keputusan karier Gen Z. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman fenomena karier 4.0 dan pengembangan layanan bimbingan karier di era digital. Kata KunciGenerasi Z; Karier 4.0; Konten kreator
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.772-782 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i7.772-782 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Anjani, M. (2022). Peran Perencanaan Karir Bagi Generasi Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Program Studi Manajemen Universitas Nusa Putra. http://www.nusaputra.ac.id
Christine M. Walden, PhD, RN, N.-B., Thompson H. Forbes, III, PhD, RN, N.-B., Melvin Swanson, P., Donna Lake, PhD, RN, N.-B., Julie Kennedy Oehlert, DNP, R., & Elaine S. Scott, PhD, RN, NE-BC, F. (2022). Career Adaptability An Innovative Measurement to Aid Professional Development of New Graduate Nurses. Nurses in Profesional Development.
Corbuzier, D. (2025). Sebulan Miliaran Dari Main Game‼ï¸Lah Gue Kuliah Ngapain??- DEAN KT - RRQ.
Fitriyani, N., Handayani, R., Putri, D. T., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Pelayanan Bimbingan Karir Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ilmu Dan Budaya, 7795–7808.
IZEA. (2024). Influencer marketing report: Gen Z career interests.
Laila, A. N., & Widyaswari, M. (2021). Generation Z Career Identity Formation Through Guidance and Counselling Services. Bisma The Journal of Counseling, 5(2), 156–163. https://doi.org/10.23887/bisma.v5i2.35401
Lamont, M. (2024). Gen Z and the Art of Incentivized Self-Actualization. https://www.wired.com/story/gen-z-and-the-art-of-incentivized-self-actualization/
Maslikhah, Hapsyah, D. R., Jabbar, A. A., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Layanan BK Karir di SMK. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(64), 7661–7680.
Nabahani, P. R., & Setyo Riyanto. (2020). Job Satisfaction and Work Motivation in Enhancing Generation Z’s Organizational Commitment. Journal of Sosial Science, 1(5), 234–240. https://doi.org/10.46799/jsss.v1i5.39
Patton, W., & McMahon, M. (2021). Career Development and Systems Theory. In Career Development and Systems Theory. https://doi.org/10.1163/9789087903343
Pratiwi, A. S. (2021). TEORI PERKEMBANGAN KARIER SUPER Disusun untuk memenuhi tugas.
Putri, P. K. (2024). Gen Z Di Dunia Kerja: Kepribadian dan Motivasi Jadi Penentu Produktivitas Kerja. Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 30–38. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i1.650
Rainer, P. (2023). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. GoodStats Data. https://data.goodstats.id/statistic/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv
Sawitri, D. R. (2018). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul.
Surugiu, C., Surugiu, M. R., Grădinaru, C., & Grigore, A. M. (2025). Factors Motivating Generation Z in the Workplace: Managerial Challenges and Insights. Administrative Sciences, 15(1). https://doi.org/10.3390/admsci15010029
Wahyu, S., Afdal, ), & Hariko, R. (2023). Teori Karir Donald E Super Dan Implementasinya Pada Karir Content Creator Di Era Milenial. In Consilium Journal : Journal Education And Counseling.
Wahyudi, A., & P, C. A. H. (2025). Engagement Karyawan Generasi Z ( Strategi Untuk Meningkatkan Produktivitas ). 3(2), 123–134.
Zahari, S. N. S., & Puteh, F. (2023). Gen Z Workforce and Job-Hopping Intention: A Study among University Students in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(1), 902–927. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i1/15540
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206XÂ (online), ISSNÂ 2548-4311Â (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.