
(2) Candra Prasiska Rahmat

(3) Haryanto Haryanto

*corresponding author
SariTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 113 Jakarta, untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat motivasi belajar siswa di SMA Negeri 113 Jakarta, dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 113 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 204 siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penyebaran angket pada responden. Dalam membuktikan dan menganalisis hasil, maka digunakan uji asumsi statistik (uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi Pearson), uji regresi linear sederhana, dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional (X) siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 113 Jakarta berada pada kategori tinggi; (2) motivasi belajar (Y) siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 113 Jakarta juga berada pada kategori tinggi; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 113 Jakarta, yang ditunjukkan oleh nilai korelasi r = 0,686. Karena nilai r hitung (0,686) lebih besar dari r tabel (0,138), maka Hâ‚€ ditolak dan Hâ‚ diterima. Hubungan ini termasuk kategori kuat dan bersifat positif, artinya semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka semakin tinggi pula motivasi belajarnya.
Kata KunciKecerdasan Emosional; Motivasi Belajar; Bimbingan dan Konseling
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.761-771 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i7.761-771 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Anggraini, J. T. (2020). Pengaruh Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMKS 15 Kota Bengkulu. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 1-123.
Farhan, M., & Alfin, E. (2019). The effect of emotional intelligence and self effycacy towards students achievement. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 37-46.
Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. 2(November), 417-428.
Flores, M. A., dkk (2022). Adaptasi mahasiswa pendidikan tinggi Portugis terhadap pengajaran dan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19: Faktor pribadi dan kontekstual. Pendidikan Tinggi, 83(6), 1389-1408.
Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka.
Gustina, M. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Reward di kelas VIII SMPN 5 Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal Of Education, 7(1), 193–204.
Laia, B. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Ips Terpadu Siswa Smp Negeri 2
Amandraya. Jurnal Education and Development, 9(2), 511–516.
Munte, B., & Samosir, D. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa (Kasus SMP Swasta HKBP Pematangsiantar). Jurnal Dinamika Pendidikan.
Mustaqim., & Abdul, W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktriya, Z. (2024). Hubungan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar di SMAN 13 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Purwitasari, T. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang.
Riandini, P. V. A., Sudhata, I. G. W., & Permiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Mimbar PGSD Undiksa, 8, 468-478.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. (In Metodelogi). ALFABETA, CV.
Suryati, S. (2024). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Sutja, A., Emosda, Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi untuk Prodi Bimbingan Konseling (Emosda (ed.); 1st ed.). Penerbit Wahana Resolusi.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.