PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA POSTER MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA SMK N 2 PALANGKA RAYA

(1) * Afifah Tri Kusuma Wardani Surat (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
(2) Romiaty Romiaty Surat (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
(3) Susi Sukarningsi Surat (Universitas Palangka Raya, Indonesia)
*corresponding author

Sari


: Perencanaan karier adalah proses pengambilan keputusan yang dilakukan seseorang untuk menentukan arah dan tujuan kariernya di masa depan. Proses ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek penting, seperti kemampuan diri, minat, bakat, serta pemahaman terhadap dunia kerja dan peluang tersedia. Dalam konteks siswa, perencanaan karier bukan hanya berlangsung pada masa sekolah saja, tetapi merupakan proses yang berkelanjutan hingga mereka benar-benar mampu mewujudkan cita-cita atau karier yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok melalui media poster menggunakan canva untuk meningkatkan perencanaan karier siswa di kelas XI AKL 4 SMK N 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2024/2025. Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental dengan desain one group pretest and postest. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling sehingga sesuai dengan kriteria pemilihan sampel, yaitu 6 siswa dari kelas XI AKL 4 SMK N 2 Palangka Raya yang di tetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat pengumpulan data utama yang penulis gunakan adalah kuesioner, penulis membagikan kuesioner untuk dapat mengetahui ada tidaknya peningkatan tentang perencanaan karier siswa. Kemudian, data dianalisis menggunakan statistik parametrik karena data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t dengan menggunakan uji paired sampel t test ini sig, ,000<0,05 dan nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel yaitu 8,077 > 2,776 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok melalui poster menggunakan canva efektif dalam meningkatkan perencanaan karier 6 siswa kelas XI AKL 4 di SMK N 2 Palangka Raya. Hal ini juga dibuktikan dengan perhitungan R Square untuk mengetahui berapa besar presentase keefektifan penelitian, menggunakan model summary ini sebesar 0,157 atau 15,7%. Oleh karena itu, penerapan layanan bimbingan kelompok melalui media poster menggunakan canva berhasil dalam meningkatkan perencanaan karier siswa

Kata Kunci


Bimbingan Kelompok; Media Canva; Poster; Perencanaan Karier

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.751-760
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2025.v10i7.751-760 Abstract views : 4 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Apriliana, I. P. A., & Suranata, K. (2022). Membantu kematangan karir siswa SMK melalui konseling cognitive behavioral teknik bibliotherapy. Ijgc, 11(3), 33–48. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Fajrinita, V. (2022). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Banda Aceh. 9, 356–363.

ISLAMI, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Jurusan Di Smk Melalui Layanan Informasi Berbasis Canva Bagi Siswa Smp. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 100–106. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i1.1105

Kasan, I. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir Di Kelas X Sma Negeri 1 Tilamuta. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–89. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111

Muzdalifah, & Mudjito. (2019). PENGARUH BIMBINGAN KARIR DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KEMATANGAN PILIHAN KARIR SISWA KELAS XI Di SMK NEGERI 1 MOJOKERTO.

Nurhasanah, N., & Romiaty, R. (2021). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Audio- Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Mipa V Pada Masa Pandemi Di Man Kota Palangka Raya. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,†5(2), 213. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.10789

Rika Widianita, D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF dan R&D. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Wahyu Sri Widiyastuti, P., Slamet Kusmanto, A., Studi Bimbingan dan Konseling, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2023). Penggunaan Media Poster Dalam Layanan Bimbingan Konseling Untuk Membantu. 3(2), 49–55. https://e-journal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/index

Wahyuni, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. In Umsida Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d