
(2) Elia Firda Mufidah

(3) Intan Sekartaji Hafsari Putri

(4) Tuti Sekar Wangi

(5) Lely Novia Rahayu

(6) Vinsensius Jamadun

*corresponding author
SariPenelitian ini bertujuan mengeksplorasi tingkat resiliensi akademik mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar daerah asal mereka, dengan pendekatan multidimensi yang berakar pada konteks budaya lokal. Resiliensi akademik didefinisikan sebagai kapasitas individu untuk bertahan, beradaptasi, dan pulih dari tantangan akademik serta tekanan sosial-budaya selama masa studi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei deskriptif terhadap 102 mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi di dalam dan luar Pulau Jawa. Instrumen yang digunakan adalah skala resiliensi akademik yang telah divalidasi, mencakup empat dimensi: ketangguhan akademik, pemecahan masalah, kecerdasan menghadapi kesulitan, dan penyesuaian diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa perantau memiliki tingkat resiliensi akademik yang relatif tinggi, dengan rata-rata skor 83,72. Analisis lebih lanjut mengungkap bahwa perempuan memiliki tingkat resiliensi lebih tinggi dibanding laki-laki, dan mahasiswa dari daerah dengan tantangan geografis besar (seperti Papua dan NTT) tetap menunjukkan ketahanan yang kuat. Faktor-faktor internal seperti efikasi diri, motivasi, serta keterampilan metakognitif, dan faktor eksternal seperti dukungan sosial dan nilai budaya lokal seperti gotong royong, tawakal, serta falsafah hidup tradisional berkontribusi besar terhadap resiliensi akademik. Hasil ini merekomendasikan perlunya integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam kebijakan dan praktik pendidikan tinggi untuk menciptakan pendekatan pengembangan resiliensi yang kontekstual, adaptif, dan bermakna.
Kata KunciResiliensi Akademik; Mahasiswa Perantau; Nilai Budaya; Pendidikan Tinggi; Adaptasi Kontekstual
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.719-728 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i7.719-728 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Cassidy, S. (2015). Resilience Building in Students: The Role of Academic Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781
Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, F. (2021). Perkembangan Penelitian Resiliensi Akademik Di Indonesia: Scoping Literature Review. Jurnal Psikologi TALENTA, 7(1), 23. https://doi.org/10.26858/talenta.v7i1.23748
Gloria, C. T., & Steinhardt, M. A. (2016). Relationships Among Positive Emotions, Coping, Resilience and Mental Health. Stress and Health, 32(2), 145–156. https://doi.org/10.1002/smi.2589
González-Valero, G., Zurita-Ortega, F., Ubago-Jiménez, J. L., & Puertas-Molero, P. (2019). Use of Meditation and Cognitive Behavioral Therapies for the Treatment of Stress, Depression and Anxiety in Students. A Systematic Review and Meta-Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(22), 4394. https://doi.org/10.3390/ijerph16224394
Kalaivani, D. (2021). Academic Resilience among Students: A Review of Literature. International Journal of Research and Review, 8(6), 360–369. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210646
Kaloeti, D. V. S., Kurnia S, A., Swandi, N. L. I. D., Lufityanto, G., & Indrawati, N. D. (2024). Indonesian Cultural Values as Pillars of Academic Resilience: A Study on Indonesian Higher Education Students. Indonesian Values and Character Education Journal, 7(2), 166–176. https://doi.org/10.23887/ivcej.v7i2.84545
Lubis, H., Oktafia, M., & Putri, A. P. (2022). Academic Stress Reviewed from Self-Adjustment, Learning Saturation, and Grit. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(3), 491–501. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.50793
Luthar, S. S., & Cicchetti, D. (2000). The construct of resilience: Implications for interventions and social policies. Development and Psychopathology, 12(4), 857–885. https://doi.org/10.1017/S0954579400004156
Luthar, S. S., Cicchetti, D., & Becker, B. (2000). The Construct of Resilience: A Critical Evaluation and Guidelines for Future Work. Child Development, 71(3), 543–562. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00164
Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic resilience and its psychological and educational correlates: A construct validity approach. Psychology in the Schools, 43(3), 267–281. https://doi.org/10.1002/pits.20149
Nashori, F., & Saputro, I. (2021). Psikologi Resiliensi.
Sandoval-Hernandez, A., & Cortes, D. (2012). Factors and conditions that promote academic resilience: A cross-country perspective.
Shengyao, Y., Salarzadeh Jenatabadi, H., Mengshi, Y., Minqin, C., Xuefen, L., & Mustafa, Z. (2024). Academic resilience, self-efficacy, and motivation: the role of parenting style. Scientific Reports, 14(1), 5571. https://doi.org/10.1038/s41598-024-55530-7
Stein, B., Hoeft, F., & Richter, C. G. (2024). Stress, resilience, and emotional well-being in children and adolescents with specific learning disabilities. Current Opinion in Behavioral Sciences, 58, 101410. https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2024.101410
Sugiyo, R., & L. Andriani Purwastuti. (2017). Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5). https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.05.003
Uicheng, R., & Chobphon, P. (2024). Factors Affecting Academic Resilience During Crises: Cases of Secondary School Students in Phuket, Thailand. International Education Studies, 17(3), 51. https://doi.org/10.5539/ies.v17n3p5
Ungar, M. (2006). Resilience across Cultures. British Journal of Social Work, 38(2), 218–235. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcl343
Ungar, M. (2013). Resilience, Trauma, Context, and Culture. Trauma, Violence, & Abuse, 14(3), 255–266. https://doi.org/10.1177/1524838013487805
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.