
(2) Intan Diah Ayu Safitri

(3) Ayu Cahyaningrum

*corresponding author
SariMembolos adalah sebuah perilaku siswa yang sering ditemui pada setiap sekolah dari tahun ketahun. Permasalahan ini bukanlah sebuah hal yang mudah untuk ditangani dan membutuhkan perlakuan khusus dari tenaga pengajar khususnya guru bimbingan dan konseling. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas layanan konseling behavioristik dengan teknik behavior contract untuk mengatasi atau mengurangi perilaku membolos pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus kualitatif dimana data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi sekolah. Peneliti berperan sebagai instrumen utama, melakukan analisis induktif untuk memahami faktor-faktor penyebab dan intervensi perilaku. Teknik behavior contract diterapkan dalam tiga sesi konseling untuk membantu siswa mengubah kebiasaan membolos menjadi lebih konsisten hadir dan berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kehadiran dan penurunan kebiasaan membolos pada siswa setelah diterapkannya kontrak perilaku. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan behavioristik dalam mengubah perilaku maladaptif pada siswa. Keterbatasan dan saran untuk penelitian selanjutnya ada dalam pembahasan
Kata KunciKonseling Behavioristik; Behavior Contract; Membolos; Pendidikan; Perilaku Maladaptif
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.709-718 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i7.709-718 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
Referensi
Ayllon, T., Layman, D., & Burke, S. (2017). Disruptive Behavior and Reinforcement Of Academic Performance. The Psychological Record, 22, 315–323. https://doi.org/10.1007/BF03394096
Cutrell, B. (2010). Effect of Contracts In Decreasing Inappropriate Behavior of Students With Emotional/behaviroal disabilities. December. http://hdl.handle.net/10342/3569
Diana, F. E., Pandang, A., & Saman, A. (2023). Perilaku Membolos Dan Penanganannya: Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Enrekang. PINISI, 3, 143–149.
Edgemon, A. K., Rapp, J. T., Coon, J. C., Cruz-Khalili, A., Brogan, K. M., & Richling, S. M. (2021). Using behavior contracts to improve behavior of children and adolescents in multiple settings. Behavioral Interventions, 36(1), 271–288. https://doi.org/10.1002/bin.1757
Erford, B. T. (2017). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Pustaka Pelajar.
Erford, B. T., Miller, E. M., & Isbister, K. (2015). Technical adequacy of the disruptive behavior rating scale-2nd edition-self-report. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 48(1), 30–43. https://doi.org/10.1177/0748175614544689
Gunarsa, S. (2002). Psikologi Remaja. BPK Gunung Mulia.
Kartono, K. (2003). Bimbingan Bagi Anak dan Remaja yang Bermasalah. Rajawali Press.
Komalasari, G. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Indeks.
Latipun. (2015). Psikologi Konseling. UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Marisa, C., Yekti, W. B., & Karneli, Y. (2020). Print) | ISSN 2580-2054 (Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI | Universitas Indraprasta PGRI 1 , SMK Taruna Bhakti 2 , Universitas Negeri Padang 3 *) Jl Raya Tengah No. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 330–338. https://doi.org/10.26539/teraputik-42421
O’Donohue, W. T., & Fisher, J. E. (2008). Cognitive Behavior Therapy: Applying Empirically Supported Techniques in Your Practice. John Wiley & Sons. Inc.
Olsen, J., & Cooper, P. (2008). Dealing With Disruptive Students In The Classroom. Taylor & Francis.
Prayitno, & Amti, E. (2018). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Rineka Cipta.
Sarafino, E. P. (2012). Applied Behavior Analysis: Principles and Procedures for Modifying Behavior. John Wiley & Sons. Inc. https://doi.org/10.1177/1069072715621532
Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan Konseling. CV Niew Setapak.
Tuerah, R. M. S., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 2023(19), 979–988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903
Yusmensy, R. W., Sutja, A., & Yusra, A. (2023). Studi Tentang Faktor Penyebab Siswa Membolos Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 052–058. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5263
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.