PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK UNTUK MENCEGAH KENAKALAN REMAJA PADA KELAS VII I DI SMP NEGERI 23 MEDAN

(1) * Dewi Febriana Purba Surat (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah, Indonesia)
(2) Nurasyah Nurasyah Surat (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah, Indonesia)
(3) Rini Fadhillah Putri Surat (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah, Indonesia)
(4) Camelia Tampubolon Surat (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif layanan bimbingan klasik yang menggunakan pendekatan humanistik dalam mengurangi kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 23 Medan yang berada di kelas VII. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya perilaku menyimpang di kalangan remaja, seperti bolos, tawuran, dan pelanggaran tata tertib sekolah. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, serta Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan humanistik yang menekankan empati, refleksi diri, dan tanggung jawab pribadi mampu meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan siswa. Penggunaan strategi seperti diskusi reflektif dan role play terbukti efektif dalam menurunkan kecenderungan kenakalan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal berbasis humanistik merupakan pendekatan preventif yang efektif dan layak diimplementasikan di lingkungan sekolah menengah pertama.

Kata Kunci


Kenakalan Remaja; Layanan Bimbingan Klasikal; Pendekatan Humanistik; PTBK

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i7.702-708
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2025.v10i7.702-708 Abstract views : 3 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Budiono, S. (2021). Konseling Kreatif Dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan Dan Konseling. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Erwiyani, A. D., & Puspitarini, I. Y. D. (2021). Studi Kenakalan Remaja Dengan Latar Belakang Keluarga Broken Home Di Kota Kediri. Prosiding Konseling …, 180–188. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/1371%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/download/1371/1068

Indriani, E. (2019). Modernisasi Dan Degradasi Moral Remaja (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan). Skripsi, 1–83.

Jasmiara, M., & Herdiansah, A. G. (2021). Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung: Studi Pendahuluan. Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 2021(September), 169–174.

Mardliyah, H., Suhendri, & Ajie, G. R. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Kelurahan Samban. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(2), 72–77. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/3052

Rahmawati, A., & Nurjannah. (2024). Implementasi Pendekatan Konseling oleh Guru BK dalam Mengatasi Kenakalan Siswa (Studi pada Siswa SMP Nurul Burhan). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1278–1284. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Saputra, R., & Komariah. (2020). Peran Guru Bk Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 24–28. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/IJoCE/

Sulastri, & Sulastri, Eti hayati, A. nursyifa. (2020). Dampak Kenakalan Remaja Untuk Meningkatkan Kesadaran Dari Bahaya Kenakalan Remaja Bagi Masa Depan. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(1), 15–24.

Walters, L. H., & Corey, G. (1980). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Family Relations, 29(1), 133. https://doi.org/10.2307/58373

Yuliana Putri, Putri Wulandari, Siti Aisyah, Eliza Agustina, & Tugimin Supriyadi. (2024). Faktor Penyebab dan Penanganan Kenalan Remaja di SMK 10 November Tambun Selatan. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(3), 50–57. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.454

Zainuddin, M., Wibowo, D. E., & Karmana, I. W. (2024). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Volume, 21(12), 186–193


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d