(2) Dwi Sona
*corresponding author
SariArtikel ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Bimbingan Keluarga Berbasis Pengalaman dalam meningkatkan pengelolaan diri siswa. Modul ini dirancang sebagai panduan bagi guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan mengelola diri dengan melibatkan peran orang tua melalui pengalaman nyata dalam kehidupan keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) level 1 yang berfokus pada perancangan produk tanpa melakukan uji coba lapangan secara luas. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa aspek materi dalam modul memperoleh skor 86%, yang berarti modul telah memenuhi standar kelayakan isi dan relevansi dengan kebutuhan siswa. Sementara itu, validasi aspek bahasa mendapatkan skor 96%, yang menunjukkan bahwa modul telah memenuhi kriteria kebahasaan dengan sangat baik. Modul ini memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, khususnya dalam layanan BK, dengan menyediakan alat bantu yang sistematis bagi guru dalam membimbing siswa. Dengan pendekatan berbasis pengalaman, modul ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses perkembangan anak dan membantu siswa dalam mengelola diri secara lebih efektif.
Kata KunciModul Bimbingan Keluarga; Pengelolaan Diri; Pendekatan Berbasis Pengalaman.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i3.312-317 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i3.312-317 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Afdal. (2015). Pemanfaatan Konseling Keluarga Eksperensial untuk Penyelesaian Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 76–79.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Leksana, D. M. (2015). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Akademika, 9(2),290–298. https://doi.org/10.30736/akademika.v9i2.69
Putri Khairani, C., & Mudjiran, M. (2022). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(4), 642–640.
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rosidah, A., Faizal, N., & Pringsewu, U. M. (2020). Bimbingan Belajar Teknik Problem Solving. Fokus Konseling, 6(1), 54–59.
Santrock, J. W. (2013). Perkembangan Anak (Edisi ke-12). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, R. (2014). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
UNICEF. (2022). The State of the World's Children 2022: On My Mind – Promoting, Protecting, and Caring for Children’s Mental Health. New York: UNICEF.
Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


