(2) Tika Febriyani
(3) Hardiyansyah Masya
(4) Badrul Kamil
*corresponding author
SariPenelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pengambilan keputusan karir pada peserta didik di sekolah. Permasalahan ini terdapat pada peserta didik kelas VIII reguler di MTsN 1 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penerapan konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap pengambilan keputusan karir peserta didik di MTsN 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus multikasus.Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pelaksanaan konseling kelompok teknik role playing yang dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan. Peneliti menggunakan tahapan-tahapan melaksanakan konseling kelompok beberapa tahapan antara lain, tahap praconseling, tahap permulaan, tahap transiksi, tahap kerja, tahap akhir dan tahap pascakonseling. Dan tahapan role playing antara lain, pemanasan, memilih partisipan (peran), mengatur setting tempat kejadian, menyiapkan obsever, pemeranan, diskusi dan evaluasi, pemeranan kembali, diskusi dan evaluasi, bebagi pengalaman dan melakukan generalisasi. 2) hambatan dalam proses pelaksanaan konseling kelompok teknik role playing yang dilaksanakan oleh peneliti sendiri hambatan yang dirasakan peserta didik ialah susuh untuk memahami naskah dan belum mengerti cara malakukan role playing, dan belum mengerti mengenai konseling kelompok
Kata KunciKonseling kelompok; Keputusan Karir; Role Playing.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i3.257-263 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i3.257-263 Abstract views : 2 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Haolah, S., Rohaeti, E. E., & Rosita, T. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kematangan Karier. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(1), 1-8.
John W,Creswell. Reserch Desain:Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran,(Yokyakarta:Pustaka Pelajar,2016)
John W.Creswell.penelitian kualitatif &desain riset edisi 4, (yokyakarta: pustaka pelajar, 2020), 87-88
Krumboltz, J. D. The Happenstance Learning Theory. Journal Of Career Assessment, 17(2), 2009. 135–154.
Muhammad Dita. Penggunaan Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kesiapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling. 2021
Nasrina N. Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk Negeri 1 Depok Sleman. 2016. Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1
Puspita. A. K. (2016). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(3),.
Putri& Sri. Faktor Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Sma Ditinjau Dari Social Cognitive Theory. Jurnal Psikologi. Desember 2019. Vol 8, Hlm.109.
Rowland, K. (2004).Career Decision-Making Skills Of High School Students In The Bahamas. Journal of Career Development, Volume 31, No.1, F
Syamsu Yusuf,L.N Dkk . Bimbingan Dan Konseling Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya. Oktober (2021:181)
Wahidatun Nisa & Abdul Mufid. Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.2022.3(1).Hlm.3
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


