(2) Evia Darmawani
(3) Santa Idayana
*corresponding author
SariPenelitian ini dilatarbelakangi pada studi pendahuluan di Taman Kanak- Kanak Pembina Negeri Tingkat 1 Palembang untuk melihat gambaran anak yang terdampak pada kesulitan berkomunikasi, karena sebagaimana fenomena abad digital pola interaksi anak dan lingkungan semakin berkurang karena mereka lebih focus pada gadget, tontonan yang tersedia atau menonton TV anak- anak yang banyak sekali menyediakan fasilitas bermain. Sementara pada usia perkembangan tersebut seharusnya mereka banyak berinteraksi dengan lingkungan social sebaya untuk menempa emosional, karakter keterampilan berhubungan, berbicara, menerima, dan menghargai. Pengamatan awal ada empat orang anak yang terindikasi mengalami kesulitan berkomunikasi di kelas dilihat dari ciri- ciri diam dan menghindar ketika diajak bicara, atau menjawab terbata- bata bahasanya tidak jelas dengan lawan bicaranya. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan bicara dan upaya yang dilakukan oleh guru serta orang tua. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik analisa deskriftif kualitatif. Hasil penelitian, terbukti keempat anak terebut mengalami speech delay pada kategori menengah. Dari empat murid tersebut tiga anak laki- laki mengalami speed delay, satu orang diantaranya anak guru kemampuan bicaranya sangat rendah ketergantungan dengan hanphone, satu orang anak lagi berjenis kelamin perempuan kemampuan bicaranya lebih baik dari ke tiga temannya sekalipun masih kelihatan kurang percaya diri. Hasil wawancara membuktikan bahwa pola pengasuhan sehari- hari diserahkan pada nenek karena orang tua bekerja. Gaya pengasuhan grand parenting dengan pola permisif atau membiarkan anak untuk bermain, berbicara, beraktivitas sendiri. Orang tua baru menyadari untuk melakukan pendekatan theraphy atas saran dari para guru
Kata KunciSpeech delay, Murid TK, Grand Parenting
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i6.652-662 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i6.652-662 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Adam, Sumarlin. (2014). Aplikasi Teori Perkembangan Bahasa Vygotsky Dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 2. No.2
Adriana. (2014). Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 3. No.1
Aini, Qurotul, Putri Alifia. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (speech delay) pada Anak Ssia 6 tahun di RA An-Nuur Subang. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Al-Qur’an, Vol 1 No 1 2022
Amalia, D. R., Hidayatullah, R., Anwar, M. S., & Irhamudin, I. (2019). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Arab di Pondok Roudlatul Qur’an Metro Lampung.Attractive: Innovative Education Journa,1(1), 80-110
Andi dkk. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al- Qiyam Vol. 1, No. 2, December2020E –ISSN : 2745- 9977 P –ISSN : 2622-092X
Ardiyansa, Muhammad. (2020). Perkembangan Bahasa Dan deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Kotabaru : Guepedia Press
Bayu, Indra Utama. (2024). Psikologi : Perkembangan dan Perkembangan Anak. Editor. Sulistyo Budiato. Purbalingga : Eureka Media Aksara
Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi. Offset
Budiasih, Nestria. Karlinda, Apri Yulda. (2024). Analiis Faktor Resiko Kejadian Speech Delay Pada Anak Usia Dua Tahun. Vol. 1 No. 1 (2024). https://ejournal.ummuba.ac.id
Chaizuran, Meutia, Rahmati, Zulkarnaini. Faktor Yang Mempengaruhi Speech Delay Pada Anak Usia Dini Di Paud It Khairul Ummah. Vol. 5 No. 1 (2023). https://www.jurnal.sdl.ac.id
Daniawati, Nia. (2024). Upaya Penanganan Gangguan Speech Delay Akibat Gadget Pada Anak Usia Dini. Strategi Navigasi Pendidikan Inklusif Untuk Meningkatkan SDM yang berkulitas dan Berdaya Saing Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura ISBN 3047-6275
Family Doctor.(2020). Speech and Language Delay(Halodoc)
Fauzia, Wulan dkk (2020). Mengenali Dan Menangani Speech Delay Pada Anak . Jurnal Al-Shifa Bimbingan Konseling Islam. Vol 1, No 2. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alshifa/article/view/3728
Fitriyani, dkk. (2018). Gambaran Perkembangan Berbahasa Pada Anak dengan Keterlambatan Bicara (Speech Delay): Studi Kasus Pada Anak 9 Tahun Kelas 3 SD di SDS Bangun Mandiri. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta
Gunarti, Winda. (2014). Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Houston, K. T. (2016). “AlexGuthrie Heard His Mother's Voice Today.The University of Akron School of Speech. Http.//www.uakron.edu//sllpa.patient experience
Ika Herpiyana, Nor Izzatil Hasanah, Rusdiah . (2022) Interaksi Sosial Anak Yang Memiliki Speech Delay Jurnal Smart Paud p-ISSN 2599-0144, e-ISSN 2614-1248 Vol. 5, No.2, Juli 2022, Hal:140-148, Doi: http://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.11 Available Online at, https://smartpaud.uho.ac.id
Istiqlal. Alfani Nurul (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 tahun. Vol 2, No 2 (2021) DOI: https://doi.org/10.18860
Kathy. (2012). Penyebab dan Resiko Keterlambatan Berbicara
Kids Health. Diakses pada (2022). Delayed Speech or Language Development Healthline. Diakses pada 2022. 5 warning signs your toddler has a speech delay
Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahas Pada Anak. Cet. 1. Jakarta : Prenada Media
Marisa, Sardi, Dadan Suryana, Nenny Mahyuddin. (2023). Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh SelatanJurnal Pendidikan dan Konseling Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mudjia Rahardjo (2017). Desain Penelitian Studi Kasus: Pengalaman Empirik : Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Penerbitan, Malang : UIN Malang Press
Muslimat, Andi., Lukman Lukman., Muhlis Hadrawi. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. DOI: https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122
Pujiati, Danti, Vera YuliaH, Venti, Mawarni. (2023). Stategi Guru Mengatasi Speech Delay (Studi Kasus Di SD Inklusi). Jurnal Holistika. Jurnal Ilmiah PGSD ISSN : 2579 – 6151 e-ISSN : 2614 – 8242.
Rahmah, Fadila Rahmah, Seli Amalia Kotrunnada, Purwati Sima Mulyadi. (2023). Penanganan Speech Delay Pada Anaka Usia Dini Melalui Therapi Wicara. Jurnal aá¹£ -á¹£ ibyÄn Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 8, No. 1, Juni 2023, 99-110 (P)ISSN: 2541-5549 (E)ISSN: 2685-1326
Sardi, Marisa, Dadan S, Nenny. M. (2023). Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Riyyana, Mul1, Jaizaton Muzil, Yeni Susanti, Hijriati. (3034) Analisis Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak usia Dini 3 Tahun di Roemah Terapi Tabina. Volume 2 Issue 1 (2024) Pages 34-42. Nunchi: Islamic parenting Journal ISSN Cetak: (3025-0382) ISSN Online: (3047-4043)
Sri, Lestari (2022). Characteristic of Speech Delay in Children Age 2- 5 Tahun. Https:// www.Reseachgate.Net
Suhono, S., & Sari, Y. A. (2017). Babbaling Stage Construction Of Children’s Language Acquisition on Rural Area Lampung. Jurnal Smart 3(2)
Taty, Fauzi., Bayu Indra Utama. (2019). Psikologi Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta : TSMart
Widodo, Judarwanto. (2012). Kalau anak telat Bicara. Kompas.com https://health.kompas.com
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


