 (Universitas Tadulako, Indonesia)
 (Universitas Tadulako, Indonesia)(2) Ridwan Syahran
 (Universitas Tadulako, Indonesia)
 (Universitas Tadulako, Indonesia)(3) Desak Putu Sastrawati
 (Universitas Tadulako, Indonesia)
 (Universitas Tadulako, Indonesia)*corresponding author
| SariPenelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik self talk untuk meningkatkan regulasi emosi siswa di SMP Negeri 3 Palu. Jenis Penelitian ini adalah PTBK menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas IX K dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria 5 siswa dengan regulasi emosi rendah dan 3 siswa kategori baik. Pengumpulan data dilakukan melalui angket regulasi emosi yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menggunakan Uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan dalam regulasi emosi setelah intervensi konseling. Sebelum intervensi, rata-rata regulasi emosi siswa berada pada skor 23,5 atau 58,75% (kategori "cukup"), meningkat menjadi 27,5 atau 68,7% pada siklus pertama, dan kembali meningkat menjadi 31,5 atau 78,75% pada siklus kedua (kategori "baik"). Nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,011 < 0,05 menunjukkan peningkatan signifikan, membuktikan bahwa teknik self talk dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan regulasi emosi siswa. Kata KunciMedia Sosial; Kesehatan Mental; Remaja | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i2.182-194 | Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i2.182-194 Abstract views : 0 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Astian Ningtyas, Amelia, and Bambang Dibyo Wiyono. 2022. “Efektivitas Konseling Kelompok Rational-Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Peserta Didik SMA.†Jurnal BK UNESA 12(4):1071–80.
Boekaerts, Monique, and Reinhard Pekrun. 2015. “Emotions and Emotion Regulation in Academic Settings.†Pp. 76–90 in Handbook of Educational Psychology: Third Edition. London: Routledge.
Budiono, Suko. 2021. “Konseling Kreatif Dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan Dan Konseling.†ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah 1(1). doi: 10.51878/action.v1i1.360.
Choirunissa, Rachel, and Annastasia Ediati. 2018. “Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua Dengan Regulasi Emosi Pada Siswa Smk.†Jurnal EMPATI 7(3):236–43. doi: 10.14710/empati.2018.21856.
Erford, Bradley T. 2015. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Flanagan, RóisÃn M., and Jennifer E. Symonds. 2021. “Self-Talk in Middle Childhood: A Mechanism for Motivational Resilience during Learning.†Psychology in the Schools 58(6). doi: 10.1002/pits.22484.
Gerald Corey. 2022. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Cengage Learning.
Goleman, Daniel. 2020. EMOTIONAL INTELLIGENCE: Why It Can Matter More than IQ. 25th Anniv. Bloomsbury Publisher.
Gross, James J. 2015. “Emotion Regulation: Current Status and Future Prospects.†Psychological Inquiry 26(1). doi: 10.1080/1047840X.2014.940781.
Hilmy, Nur Afifah, Muya Barida, and Niken Susilowati. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Coping Di SMK Sakti Gemolong.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(4).
Kopelman-Rubin, Daphne, Alana Siegel, Noa Weiss, and Inna Kats-Gold. 2020. “The Relationship between Emotion Regulation, School Belonging, and Psychosocial Difficulties among Adolescents with Specific Learning Disorder.†Children and Schools 42(4). doi: 10.1093/cs/cdaa022.
Magrur, Ridha Yana, Nani Restati Siregar, and Dodi Priyatmo Silondae. 2020. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa.†Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling 4(1). doi: 10.36709/bening.v4i1.10496.
McRae, Kateri, and James J. Gross. 2020. “Emotion Regulation.†Emotion 20(1). doi: 10.1037/emo0000703.
Mohammadi Bytamar, Jahangir, Omid Saed, and Sahel Khakpoor. 2020. “Emotion Regulation Difficulties and Academic Procrastination.†Frontiers in Psychology 11. doi: 10.3389/fpsyg.2020.524588.
Musyarofah, Amelia, Komarudin Komarudin, Mochamad Yamin Saputra, and Geraldi Novian. 2024. “Correlation between Self-Talk and Emotional Regulation Among Student Volleyball Athletes.†Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science 4(2):212–19. doi: 10.52188/ijpess.v4i2.721.
De Neve, Debbie, Michael V. Bronstein, An Leroy, Alex Truyts, and Jonas Everaert. 2023. “Emotion Regulation in the Classroom: A Network Approach to Model Relations among Emotion Regulation Difficulties, Engagement to Learn, and Relationships with Peers and Teachers.†Journal of Youth and Adolescence 52(2). doi: 10.1007/s10964-022-01678-2.
Novita, Reza. 2022. “Efektifitas Teknik Konseling Mindfulness Dalam Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Di SMP Negeri 6 Padang Panjang.†Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling 7(1). doi: 10.32663/psikodidaktika.v7i1.2264.
Sari, Putri Mayang, Saiful Akhyar Lubis, and Nurussakinah Daulay. 2023. “Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Meningkatkan Regulasi Emosi Remaja Sekolah Menengah Atas.†GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling 13(3):683. doi: 10.24127/gdn.v13i3.7678.
Wahyu, Wahyu, Mohammad Al Farabi, and Alfin Siregar. 2024. “Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Talk Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Kelas Xi Mipa 5 Man 3 Medan.†Lokakarya 3(1):120. doi: 10.30821/lokakarya.v3i1.3370.
Widyanti, Syavira Agustina, and Najlatun Naqiyah. 2023. “Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Talk Untuk Meregulasi Emosi Remaja SMPN 46 Surabaya.†Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 7(1):1–10. doi: 10.26539/teraputik.631063.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 

 
  
  
  
  
 








