(2) Ramadhan Lubis
(3) Nurhayani Nurhayani
*corresponding author
SariTujuan penelitian ini agar melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap etika berbicara siswa di MTs Ummul Quraa. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yakni pre-eksperimen, metode yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi tersebut merupakan keseluruhan siswa kelas VIII MTs Ummul Quraa dengan jumlah 100 siswa, sampel yang diperoleh berjumlah 8 siswa yang memiliki etika berbicara yang rendah. Sampel yang digunakan yaitu sampel non-probability sampling tepatnya teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala etika berbicara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Uji-t dengan bantuan SPSS versi 25, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 dengan demikian.dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Maka dapat dikatakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh terhadap etika berbicara.pada siswa MTs Ummul Quraa. Â Kata KunciBimbingan Kelompok; Diskusi; Etika Berbicara
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i2.142-153 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2025.v10i2.142-153 Abstract views : 1 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Akbari, D. R. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Konflik Interpersonal pada Siswa Kelas XI Apk di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 6(3).
Alfan, M. (2011). Filsafat Etika Islam. CV Pustaka Setia.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Rineka Cipta.
Asyah, A. & N. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Terhadap Etika Berbicara Siswa Dengan Guru Di SMA Negeri 21 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 93.
Enny, A. (2019). Peranan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengendalikan Emosi Dan Etika Komunikasi Siswa Smp Swasta Silinda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 1(2), 93–105.
Fitriani, E., & Nurasyah, N. (2018). Mengontrol Emosi Siswa Dengan Bantuan Layanan Bimbingan Kelompok. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 67.
Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 100.
Hartinah, S. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Refika Aditama.
Hermanita, W., Asyah, N., & Lisma, E. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Focus Group Disscussion (FGD) Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa SMK Negeri 1 Perbaungan. Empaty: Guidance Counseling J, 1(1), 7.
Ismail, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Aspek Berbicara. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(2), 223–234.
Kusmawati, D. K. S. dan D. P. N. (2008). Proses Bimbingan Konseling Di Sekolah. Rineka Cipta.
Lahmuddin. (2010). Konsep-Konsep Dasar Bimbingan Konseling. IAIN PRESS.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung (Ed.1 Cet.2). PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Trifena, R., Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2020). Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Siswa di SMP Negeri 1 Teriak. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 5(2), 46–49.
Tumiyem, T., & Samsiah, S. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Kelas Xi Ma Pp Daarut Thaalibiin Kota Datar TP 2018/2019. AL-IRSYAD: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 8(2), 65.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


