UPAYA PREPENTIF DALAM MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

(1) * Ma'fufah Hastin Hastin Surat (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(2) Denok Setiawati Surat (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
(3) Koes Widjanarko Surat (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Masifnya penggunaan tekgnologi dan internet yang sudah sangat canggih di era saat ini oleh peserta didik, guru BK perlu melakukan layanan klasikal secara tepat agar peserta didik dapat memahami bahaya cyberbullying sebagai satu langkah preventif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan klasikal sebagai upaya pencegahan perilaku cyberbullying pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 di kelas XII SMAN 11 Surabaya Tahap-tahap yang dipaparkan tersebut merupakan tahapan dalam satu siklus. Siklus berikutnya, tahap perencanaan direvisi dengan megurangi pernyataan atau kegiatan dalam layanan yang dilakukan yang bersifat mengontrol peserta didik. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan mampu mengubah pemikiran, perilaku dan sikapnya kearah yang baik dan positif dengan tidak melakukan cyberbullying, tergerak menciptakan lingkungan sekolah yang damain dan menjunjung nilaii-nlai kemanusiaan melalui proyek yang telah dikerjakan.

 


Kata Kunci


Cyberbullying; Bimbingan Klasikal; Problem Based Learning.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.494-502
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2024.v9i3.494-502 Abstract views : 117 | PDF views : 318

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Kotler, P & Keller, K. (2012). Marketing management. Fourteenth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi. PT Remaja Rosdakarya.

Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial terhadap perilaku reaktif sebagai pelaku maupun sebagai korban cyberbullying pada siswa kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43-62.

Prayitna, A. (2010). Lest End Bullying Memahami, Mencegah, & Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sakban, A & Sahrul. (2019). Pencegahan Cyber Bullying di Indonesia. Yogyakarta: Writing Revolution.

Sudjana, N. (2018). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Unicef. (2024, 15 Agustus). anak-anak Indonesia serukan kebaikan di konferensi nasional. Diakses pada 15 Agustus 2024, darihttps://indonesia.ureport.in/story/1020

Yuyarti Y. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan Dasar. Vol 1 No.1. Hal 52-57.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d