 (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
 (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)(2) Ajeng Asih Rahma Pratiwi
 (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
 (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)(3) Endang Surtiyoni
 (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
 (Universitas PGRI Palembang, Indonesia)*corresponding author
| SariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan dan konseling dengan model pendidikan karakter, khususnya aspek sopan santun pada kegiatan kurikulum merdeka di SMP Tunas Teladan. Desain penelitian   korelasi dengan pendekan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan  angket. Analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 26 . Hasil penelitian membuktikan bahwa bimbingan dan konseling memiliki peran  dalam mengintegrasikan pendidikan karakter  pada Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pembentukan karakter sopan santun. Temuan penelitian memberikan pemahaman secara mendalam bagaimana implementasi bimbingan dan konseling dapat memperkuat dan mendukung upaya pembentukan karakter siswa yang berfokus pada kemandirian dan berkarakter. Penelitian ini dapat menjadi kontribusi bagi pengembangan strategi pendidikan karakter yang efektif dalam kurikulum Merdeka di SMP Tunas Teladan. Guru bimbingan dan konseling   bertanggung jawab untuk membantu dan membimbing peserta didik  dalam mengembangkan bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir, dan membangun kebajikan dengan menanamkan nilai-nilai dasar kemanusiaan agar peserta didik tidak mengalami penyimpangan sosial.  Dapat berperan serta dalam pembangunan dan menjalankan enam aspek Profil Pelajar pancasila yang berkarakter , cerdas, mandiri, memiliki sifat kegotongroyongan yang semua tercermin dalam sopan santun sebagai manusia yang agamis. Sejalan dengan hasil temuan penelitian bahwa 60% capaian pembentukan dan berada dalam klasifikasi tinggi namun belum mencapai tujuan maksimal. Kata KunciGuru Bimbingan dan Konseling, serta Kurikulum Merdeka | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i4.597-607 | Article metrics10.31604/ristekdik.2024.v9i4.597-607 Abstract views : 0 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
Referensi
Affan Yusra, A. S. (2023). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Sikap Sopan Santun Siswa Terhadap Guru Di SMP. Jurnal Bikotetik, 7 Number 2, 146-154.
Akuardin Harita., Bestari Laia., Sri Florina L. Zagoto. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Displin. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 No. 1.
Amanda, R. A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304
Arshy, Juliana Cici. I, Ni Made Diah Padmi Pengaruh Teknik Self-Regulation Terhadap Sikap Sopan Santun Siswa (2024). Vo. 1. No. 1. http://jurnal.borneo.ac.id
Batuadji, K. (2015). Hubungan Antara Efektivitas Fungsi Bimbingan Dan Konseling Dengan Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama Stella Duce 1 Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 36 NO. 1, 18-34
Berkowitz, M. W., Battistich, V. A., & Bier, M. C. (2008). What works in character education: What is known and what needs to be known. Handbook of moral and character education, 414–431
Bunga, R. Taty. F. Tingkat Kepatuhan Siswa Terhadap Protokol Kesehatan di era New Normal dan Implikasinga Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. (2022). Jurnal An Nur Vol. 8. No. 3 https://ojs.uniska-bjm.ac.id
Effendi. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. 17-23
Harita, Akuardin, Bestari Laia, Sri Florina L. Zagoto. (2021). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling for all: Jurnal Bimbingan dan Konseling P-ISSN: 2775-3042 E-ISSN: 2829-1077. Vol. 2 No 1
Hanifah, Sephia Nur, Dodi Hartanto. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik
Hapsari, K., & Hidayat, P. (2019). Bimbingan konseling sebagai media pendidikan karakter anak sekolah dasar. (Prisiding). (Made & A) Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://journal.um-surabaya.ac.id
Hesti. Pertiwi . (2020). Menumbuhkan Sikap SopanSantun dalam Kehidupan Sehari- hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana. DOI: https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.652
Iwan. (2020). Merawat Sikap Sopan Santun Dalam Lingkungan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4, No. 1, 98-121.
Jannah, Fitria, L, Irma Maulani, Triamariska, S.M, Ariadi N, Mustika. S , Nurul H. (2023). Implikasi Kurikulum Merdeka Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah (Literatur Review) https://seminar.uad.ac.id (Prosiding)
Khoirun Nida, Usiono. (2023, 05 01). Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa. (K. Usiono, Penyunt.) Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 9.
Khoirun Nida, Usiono. (2023). Peranan Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 Nomor 3 , 64-72
Kurnia, Aam. Model Bimbingan Karakter AUD Melalui Permainan. (2014). Vol 14 No. 2. https://ejournal.upi.edu
Ni Made S. Farida Herna. A.(2023). (Pengaruh Teknik Shaping terhadap Sikap Konformitas pada Siswa. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk). Bimbingan dan Konseling FIPP Universitas Pendidikan Mandalika E-ISSN: 2722 – 7340 https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita Vol. 8. No 1 Edisi April
Nopan, Omeri. (2015). Pentingnya Pendidikan karakter Dalam Dunia Pendidikan.https://e-jurnal.unib.ac.id Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk) Volume 8 Nomor 1 Edisi April 2023
Otten. (2020). Reproduction Service No. ED 444 932). http://www.ed.gov
Rakhmat. Mira. M. Salma, H. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia DOI:10.37905/aksara.4.3.217-224.2018. https://www.researchgate.net
Syaikha, Hida Septina, Anita, T.W, Farida, A.Y.R. (2022). Analisis Pentinya Bimbingan dan Konseling Terhadap anak SD/MI Muhammdiyah 5 Surabaya. Vol. 1. No. 1. https://journal.um-surabaya.ac.id
Taty (2018). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Ts-Mart
Taty, F. Bayu.I.U. (2019). Psikologi Perkembangan. Jakarta : TS-Mart
Taty, Fifin, S. (2022). Efektivitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Menggunakan Aplikasi Tiktok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa di Depan Kelas (Di SMP N 24 Palembang)
Wardhani, Mahasti W. (2018). Faktor-Faktor. Penyebab Rendahnya Kedisiplinan. Siswa SDN Kepek Pengasih Kulon. Progo. Yogyakarta. Jurnal. Pendidikan Guru Sekolah. https://jurnal.unma.ac.id
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 

 
  
  
  
  
 








