(2) Junior Waruwu
(3) Nur Syifaul Jannah
*corresponding author
SariPenelitian ini didasarkan atas permasalahan pembentukan karakter mahasiswa melalui kuliah kerja nyata (KKN) regular di kelurahan Hutabarangan Kota Sibolga. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah Untuk membentuk karakter mahasiswa yang kuliah kerja nyata (KKN) reguler di Kelurahan Hutabarangan Kota Sibolga dan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang karakter. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana membentuk karakter mahasiswa yang kuliah kerja nyata (KKN) reguler di Kelurahan Hutabarangan Kota Sibolga. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah 1. Pembentukan karakter mahasiswa yang kuliah kerja nyata (KKN) reguler di Kelurahan Hutabarangan Kota. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan) yaitu melakukan observasi (pengamatan), interview (wawancara), studi dokumentasi dan gabungan dari ketiganya. Responden penelitian ini adalah mahasiswa yang kuliah kerja nyata (KKN) reguler di Kelurahan Hutabarangan Kota Sibolga, dan informannya adalah Lurah Hutabarangan, Polisi dan warga dikelurahan Hutabarangan. Hasil penelitian ini karakter yang dapat dibentuk melalui keliah kerja nyata (KKN) regular di Kelurahan Hutabarangan Kota Sibolga adalah 1. Karakter semangat kebangsaan, 2. Karakter cinta tanah air, 3. Karakter disiplin, 4. Karakter tanggung jawab, 5. Karakter peduli lingkungan, 6. Karakter peduli sosial, 7. Karakter religius.
Kata KunciKarakter,;Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.365-371 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2024.v9i3.365-371 Abstract views : 938 | PDF views : 1757 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Aji Bagus Priyambodo, Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan, Jurnal Sains Psikologi, Vol. 6, No. 1 Tahun 2017, hlm. 13
Aisyah Nurmi dkk, 2022, Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universtias Muhammadiyah Tapanuli Selatan, edisi ketiga, Padangsidimpuan.
Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Malang: Gava Media
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada.
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka.
Mustofa, A. 2000. Kamus Lingkungan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ngainun naim, 2012, Character Building ; optimalisasi peran pendidikan dan pengembangan ilmu & pembentukan karakter bangsa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
https://ybkb.or.id/18-nilai-pendidikan-karakter-menurut kemendikbud#:~:text=Karakter%20semangat%20kebangsaan%20menurut%20Kemdikbud,masyarakat%20lokal%20atau%20lingkungan%20sekitar., diakses pada tanggal 13 Juni 2024.
Syaiful Bahri Djamarah, 2008, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


