PENERAPAN DISIPLIN POSITIF BAGI SISWA KELAS X DI SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG

(1) * Leni Rahmawati Surat (Program Profesi Guru Univesitas PGRI Semarang, Indonesia)
(2) Siti Fitriana Surat (Program Profesi Guru Univesitas PGRI Semarang, Indonesia)
(3) Siti Fitriana Surat (Program Profesi Guru Univesitas PGRI Semarang, Indonesia)
(4) Vesty Fresdiyati Hidayati Surat (Program Profesi Guru Univesitas PGRI Semarang, Indonesia)
(5) Vesty Fresdiyati Hidayati Surat (Program Profesi Guru Univesitas PGRI Semarang, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Konsep mendisiplinkan siswa di sekolah secara umum masih menggunakan hadiah dan hukuman. Menurut riset Plan International dan International Center for Research on Women (ICRW) 84% anak di Indonesia mengalami bentuk hukuman. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan kurikulum saat ini yaitu kurikulum merdeka yang memberikan pembelajaran bermakna bagi siswa dengan merdeka belajar. Disiplin positif pada kurikulum merdeka menumbuhkan rasa kesadaran dan keyakinan pada diri siswa dengan pengembangan keterampilan dalam pengambilan keputusan serta cara membangun kepercayaan dan berfokus kepada solusi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis penerapan disiplin positif kelas pada siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan angket disiplin positif. Hasil analisis menunjukkan penerapan disiplin positif meningkatkan perilaku disiplin pada siswa. Dengan demikian penerapan disiplin positif didalam kelas mampu meningkatkan kediplinan pada siswa. 

 


Kata Kunci


disiplin positif, disiplin

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.244-251
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2024.v9i2.244-251 Abstract views : 2427 | PDF views : 1705

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Fiana, F. J., Daharnis, & Ridha, M. (2013). Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 2(3), 26-33. https://doi.org/10.24036/02013231733-0-00

Gossen, Diane ,bukunya (Restitution; Restructuring School Discipline, 2001Tim Penyusun

ICRW. (2015). Are School Safe and Equel Places for Girls and Boy in Asia?Reaserch Finding on School-related Gende-Based Violence. Thailand: Plan Asia Regional: International Canter for Reaserch on Women.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage Publications, Inc.

Nelsen, J. W. (1979) The effectiveness of adlerian parent and teacher study groups in changing child maladaptive behavior in a positive direction [Doctoral dissertation, University of San Francisco].

Nelsen, J., & Lott, L. (1997). Positive discipline in the classroom: A step-by-step approach to bring positive discipline to the classroom and to help teachers of all grade levels implement classroom meetings: Activities for teachers and students. Orem, UT: Empowering People.

Nelsen, J., Lott, L., & Glenn, H. S. (2000). Positive discipline in the classroom: Developing mutual respect, cooperation, and responsibility in your classroom. Roseville, CA: Prima.

Nelsen, J., Lott, L., & Glenn, H. S. (2007). Positive discipline A–Z: 1001 solutions to everyday parenting problems. New York, NY: Three Rivers Press.

Nelsen, J., & Lott, L. (2012). Positive discipline for teenagers: Empowering your teens and yourself through kind and firm parenting. New York, NY: Three Rivers Press.

Rakhil, F. 2015. Urgensi Reward dan Punishment Dalam Pendidikan Anak Perspektif Psikologi Perkembangan. Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 1(1), 31-47. Retrieved from http://ejournal.staidakrempyang.ac.id/index.php/pikir/article/view/95.

Simanjuntak, E. T., Djahi, I. N., Tamba, K. P., Souisa, J. H., Toisuta, W., Dionisio, A. G., & Palekahelu, D. T. (2017). Disiplin positif: Pendekatan menyeluruh handout untuk peserta. Jakarta, Indonesia: Yayasan Nusantara Sejati.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. 2019. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. 6 (1), 61-71, https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912.

Wagiu, E. M., & Hidayat, D. (2019). Penerapan imbalan dan konsekuensi berbasis demokrasi dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa kelas 3 sekolah dasar Kupang [The implementation of democratic-based rewards and consequences to improve discipline of grade 3 elementary school students in Kupang]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 156-168. https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.933

What Is Choice Theory. _____. (online). https://wglasser.com/what-is-choicetheory/ Accesed on April 23th 2024


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d

toto 4d

slot pulsa

Slot88

slot thailand

slot dana

https://jurnalbiologi.fmipa.unila.ac.id/

situs toto

toto 4d

Toto 4D

Toto 4D

Slot Gacor