 (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
 (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)(2) Abdullah Pandang
 (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
 (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)(3) Akhmad Harum
 (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
 (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)*corresponding author
| SariPenelitian ini mengembangkan media bimbingan strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan  perilaku bullying siswa yang berangkat dari kurangnya pemahaman siswa tentang informasi bullying di SD Inpres Isoak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan siswa terhadap media Bimbingan Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka; 2) Bentuk prototype media Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka; 3) Tingkat validitas dari media Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka; 4) Tingkat kepraktisan dari media Strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying siswa SD Inpres Isoka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu model penelitian pengembangan yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; (5) Evaluation. Kesimpulannya, tingkat validitas dari media strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying dinyatakan telah valid untuk digunakan siswa. Dan kepraktisan dari media strip story dinyatakan telah praktis sesuai dengan hasil uji praktisi yang dilakukan oleh guru SD Inpres Isoka sehingga media layak untuk diuji cobakan secara luas. Kata KunciBullying, Strip story, Layanan Informasi | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.252-260 | Article metrics10.31604/ristekdik.2024.v9i2.252-260 Abstract views : 430 | PDF views : 391 | Cite | Full Text Download | 
Referensi
Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Indonesia. Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies, 3(1), 36-54.
Alawiyah, N., Istianti, T., & Arifin, M. (2021). Pengembangan Alat Seismograf Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Materi IPS di SD. Jurnal Civics and Social Studies, 5(2), 1-10.
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39-48.
Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4 (1), 52–63.
Hijriyah, U., Zulhannan, Z., Nufus, Z., & Aridan, M. (2022). Pengembangan Media Strip story Bergambar Terhadap Pembelajaran Mahârah Al-Kitâbah. Arabi: Journal of Arabic Studies, 7(2), 225-238.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 2020. Diakses dari https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020
Kurniawati, W., & Ahmad, M. (2020). Analisis Pembuatan Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pendidikan Multimedia oleh Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Jurnal Undikma, 4(2), 10-22.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312-325.
Musthafa, F. A. D., & Maymunah, N. S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Strip story dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, (7), 615-627
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R.,
Fajar, M., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46-55.
Pasungku, Y. (2022). Pengaruh Media Strip story Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD UPT SPF Negeri Batulaccu Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237-246.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573.
Sa'ida, N., Kurnuawati, T., & Wahyuni, H. I. (2022). EDUKASI STOP BULLYING PADA ANAK. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 178-183.
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan media ajar lubang hitam menggunakan model pengembangan addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112-119.
Suda, I. K. (2016). Pentingnya media dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di sekolah dasar. Universitas Hindu Indonesia, 1(1), 1-10.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 

 
  
  
  
 








