PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN STRIP STORY SEBAGAI LAYANAN INFORMASI UNTUK PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING SISWA

(1) * Rahmat Siala Surat (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
(2) Abdullah Pandang Surat (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
(3) Akhmad Harum Surat (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
*corresponding author

Sari


Penelitian ini mengembangkan  media bimbingan strip story sebagai  layanan informasi untuk pencegahan   perilaku bullying siswa yang berangkat dari kurangnya pemahaman siswa tentang informasi bullying di SD Inpres Isoak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan siswa terhadap media Bimbingan Strip story sebagai layanan informasi  untuk pencegahan perilaku bullying  siswa SD Inpres Isoka; 2) Bentuk prototype media Strip story sebagai layanan informasi  untuk pencegahan perilaku bullying  siswa SD Inpres Isoka; 3) Tingkat validitas dari media Strip story sebagai layanan informasi  untuk pencegahan perilaku bullying  siswa SD Inpres Isoka; 4) Tingkat kepraktisan dari media Strip story sebagai layanan informasi  untuk pencegahan perilaku bullying  siswa SD Inpres Isoka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu model penelitian pengembangan yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; (5) Evaluation. Kesimpulannya, tingkat validitas dari media strip story sebagai layanan informasi untuk pencegahan perilaku bullying dinyatakan telah valid untuk digunakan siswa. Dan kepraktisan dari media strip story dinyatakan telah praktis sesuai dengan hasil uji praktisi yang dilakukan oleh guru SD Inpres Isoka sehingga media layak untuk diuji cobakan secara luas.


Kata Kunci


Bullying, Strip story, Layanan Informasi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.252-260
      

Article metrics

10.31604/ristekdik.2024.v9i2.252-260 Abstract views : 430 | PDF views : 391

   

Cite

   

Full Text

Download

Referensi


Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Indonesia. Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies, 3(1), 36-54.

Alawiyah, N., Istianti, T., & Arifin, M. (2021). Pengembangan Alat Seismograf Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Materi IPS di SD. Jurnal Civics and Social Studies, 5(2), 1-10.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39-48.

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4 (1), 52–63.

Hijriyah, U., Zulhannan, Z., Nufus, Z., & Aridan, M. (2022). Pengembangan Media Strip story Bergambar Terhadap Pembelajaran Mahârah Al-Kitâbah. Arabi: Journal of Arabic Studies, 7(2), 225-238.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 2020. Diakses dari https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020

Kurniawati, W., & Ahmad, M. (2020). Analisis Pembuatan Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pendidikan Multimedia oleh Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Jurnal Undikma, 4(2), 10-22.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312-325.

Musthafa, F. A. D., & Maymunah, N. S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Strip story dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, (7), 615-627

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R.,

Fajar, M., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46-55.

Pasungku, Y. (2022). Pengaruh Media Strip story Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD UPT SPF Negeri Batulaccu Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237-246.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573.

Sa'ida, N., Kurnuawati, T., & Wahyuni, H. I. (2022). EDUKASI STOP BULLYING PADA ANAK. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 178-183.

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan media ajar lubang hitam menggunakan model pengembangan addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112-119.

Suda, I. K. (2016). Pentingnya media dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di sekolah dasar. Universitas Hindu Indonesia, 1(1), 1-10.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://www.malayajournal.org/

farminggroup.org

https://materassomemory.org/

https://visualresearchnetwork.org/

https://brazoriafumc.org/

https://atmamayor.com/

https://viralblasts.com/

Bloom Scape

Rokokbet

Scatter Hitam

Rokokbet

https://press.umam.edu.my/

Rokokbet

https://theusajournals.com/

Rokokbet

Shiowla

https://nextscientists.com/

Rokokbet

Rokokbet

Rokokbet

https://www.acsjakarta.id/

https://thepromax.com/

https://shiowla.eu.com/

https://shiowlabersinar.com/

https://shiowlaterbit.com/

https://www.larrylinville.com/

https://travelritz.com/

https://allamericanadventureguide.com/

Slot88

Toto 4d

toto 4d

slot pulsa

Slot88

slot thailand

slot dana

https://jurnalbiologi.fmipa.unila.ac.id/