(2) Juliyanti Harahap
(3) Sutri Novika
*corresponding author
SariProses pembelajaran melibatkan kecerdasan dan keterampilan yang harus dimiliki untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Keterampilan belajar perlu dikuasai mahasiswa, agar dapat menguasai materi perkuliahan. Untuk menguasai hal tersebut mahasiswa membutuhkan berbagai keterampilan belajar dan penguasaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendekripsikan keterampilan belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling (2) mendeskripsikan keterampilan belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika (3) mengetahui perbedaan keterampilan belajar mahasiswa program studi bimbingan konseling dengan mahasiswa program studi pendidikan matematika. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif dengan sampel penelitian mahasiswa bimbingan konseling dan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Adapun pengumpulan data menggunakan angket model skala likert dengan analisis deskriptif, dan uji t atau t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan belajar mahasiswa bimbingan konseling berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 69,86 (2) keterampilan belajar mahasiswa pendidikan matematika berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 70,25 (3) keterampilan belajar mahasiswa bimbingan konseling dan pendidikan matematika memiliki nilai thitung 0,531 < ttabel 1,995 berdasarkan hasil perhitungan t test menunjukan bahwa tidak ada perbedaan keterampilan belajar mahasiswa bimbingan konseling dan mahasiswa pendidikan matematika. Kata KunciKeterampilan Belajar; Mahasiswa.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i3.433-437 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2023.v8i3.433-437 Abstract views : 767 | PDF views : 191 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Adiningtiyas. S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Jurnal Dimensi 5 (3) DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.62
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Akhyar Hasibuan (2008) meneliti tentang Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Mutu Keterampilan Belajar (Studi Eksperimen di SMP Negeri 2 Padang)
Budiarjo, Lily. (2007). Keterampilan Belajar. Yogyakarta: Penerbit Andi
Folastri, S (2014) keterampilan berlajar siswa berprestai tinggi dan siswa berprestasi rendah
Gie T. L. (1994). Cara Belajar yang Efisien: Sebuah Buku Pegangan untuk MahaMahasiswa Indonesia (jilid 1). Yogyakarta: Liberty
Nirwana, H, dkk. (2006). Belajar dan Pembelajaan. Padang; FIP UNP
Sardiman A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Sisca Folastri (2016) “Perbedaan Keterampilan Belajar Mahasiswa Berprestasi Tinggi dan Berprestasi Rendah di SMA Negeri Kota Padang dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konselingâ€
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Grasindo
Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Gramedia
Yusuf, A. Muri. 2005. Metodologi Penelitian.. Padang: UNP Press.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


