(2) Venty Venty
(3) Mursilah Mursilah
*corresponding author
SariKedisiplinan sangat penting diterapkan dalam lembaga pendidikan dan dibutuhkan siswa. Menerapkan kedisiplinan dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat akan membentuk pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Siswa yang dapat menerapkan kedisplinan di sekolah dipengaruhi oleh karakter pribadi, kesadaran akan kedisiplinan, dukungan dan motivasi orang tua, guru dan teman sebaya yang dapat menumbuhkan motivasi untuk menerapkan kedisplinan dengan mentaati peraturan yang berlaku di sekolah. Maka dari itu, peneliti perlu melihat mengenai gambaran kedisplinan siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif dengan subjek penelitan yang menjadi informan 4 siswa yang terdiri 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan serta 1 guru BK dalam proses wawancara. Keberhasilan siswa dalam menerapkan kedisiplinan dapat diatasi apabila siswa memahami makna serta memiliki kesadaran akan kedispilnan. Kata KunciKedisiplinan; Siswa Kelas X-3; SMA Negeri 10 Semarang
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.262-267 |
Article metrics10.31604/ristekdik.2023.v8i2.262-267 Abstract views : 678 | PDF views : 427 |
Cite |
Full Text Download
|
Referensi
Annisa, Desi Erawati, and Gerry Olvina Faz. 2023. “GAMBARAN PENYESUAIAN DIRI SISWA BARU KELAS X MA HIDAYATUL.†8(1): 161–67.
Ariananda, Eka S., Syamsuri Hasan, and Maman Rakhman. 2014. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin.†Journal of Mechanical Engineering Education 1(2): 233–38.
Hasbahuddin, and Rosmawati. 2019. “Implementasi Teknik Pengelolaan Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.†KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya 1(1): 11–18.
Marliana, Suci, Arri Handayani, and Siti Fitriana. 2018. “Faktor Faktor Penyebab Remaja Melakukan Prostitusi Di Gal Panas Desa Jatijajar Kabupaten Semarang.†Empati 5(1): 56–63. http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/2931.
Marotang, Wirna. 2020. “Tingkat Kedisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah Siswa Smp Kristen Bombanon.†Jurnal Inovasi Bimbingan dan Konseling 2(2): 78–83.
Najmuddin, Fauzi, and Ikhwani. 2019. “Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus Di Dayah Terpadu (Boarding School).†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8(2): 183–206. file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/430-1253-1-PB.pdf.
Pitriani, Peti, Heris Hendriana, and Ecep Supriatna. 2020. “Gambaran Kesadaran Siswa Terhadap Kedisiplinan Di Smp Negeri 4 Cipeundeuy.†FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 3(3): 116–22. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/5672.
Purnama, Eka Khristiyanta. 2015. “Peningkatan Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Audio Pendidikan Karakter.†Jurnal Kwangsan 3(1): 45.
Sahir, Syafrida Hafni. 2022. METODOLOGI PENELITIAN. Jogjakarta: PENERBIT KBM INDONESIA.
Venty. 2013. “Peran Konselor/Guru BK.†: 145–55.
Wijayanti, Eka Noviri, Hanim Wirda, and Dharma Setiawaty R. 2013. “Gambaran Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa SMK Insan Global Jakarta.†INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling 2(2): 36–46.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSNÂ 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







Download 


