Penggunaan Model Pembelajaran Active Debate di dalam Kemampuan Berdebat Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Panyabungan

(1) * Elisa Futri Siregar Mail (, Indonesia)
(2) Lili Herawati Parapat Mail (, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Active Debate terhadap Kemampuan Berdebat Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Panyabungan”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, variabel X 20 soal dan essay variabel Y sebanyak 1 soal. Penelitian diadakan di SMK Negeri 3 Panyabungan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 24 siswa. Hasil penggunaan model pembelajaran active debate yaitu 83,75 sehingga tingkat rata-rata siswa berada pada kategori “ Sangat Baik”. Variabel Y tentang kemampuan berdebat siswa diperoleh 79,75 sehingga tingkat rata-rata siswa berada pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil analisis data berdasarkan pengujian persyaratan analisis, yang sudah ditentukan dalam penelitian maka dilakukan analisis dengan teknik kolerasi product moment.Perbandingan nilairxy dan rtabel yakni (0,689> 0,404). Maka hipotesis alternatif (Ha) menyatakan adanya pengaruh terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Active Debate terhadap Kemampuan Debat Siswa Kelas X  SMK Negeri 1 Panyabungan.

Keywords


model pembelajaran active debate; kemampuan berdebat.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/linguistik.v10i2.97-114
      

Article metrics

10.31604/linguistik.v10i2.97-114 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Afendra, A. E. 2023. Analisis Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas Va di Min 5 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, D. R. 2024. Ability to Identify Persuasive Sentences in Negotiation Texts Using Learning Models Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Class X Students of SMK Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Hata Poda, 3(2), 255-270.

Astutik, W. 2021. Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5(1), 14-31.

Atas, K. X. S. M. Pengembangan Bahan Ajar Materi Debat Dengan Metode Role Playing Pada Siswa.

Ayuningtias, A. 2023. Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Debat Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sman 9 Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Fatmawati, E., & Setiawan, I. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Belitang Hilir. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 75-83.

Fitratunnisah, F., Gunayasa, I. B. K., & Zain, M. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sdn 15 Mataram. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 145-152.

Futiah, V. 2021. Campur Kode pada Dialog Debat Capres dan Cawapres 2019 (Doctoral dissertation, Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Galih, N. R. G. R. 2022. Penerapan Metode Debat Aktif Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berbicara Kelas Vii F Smp Negeri 3 Majalengka. Social Studies, 7(2).

Habibah, U., Pravitasari, D., & Rodin, I. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Keterampilan Berbicara. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 99-107.

Hafni, F. 2019. Pengaruh Pembelajaran Berbicara Dengan Menggunakan Metode Debat Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Persoalan Faktual Di Kelas V Sd Negeri 101804 Gedung Johor Ta 2018/2019

Huda, R. Parapat, L.H. Dkk. 2023. Adat Alur Dalam Debat. CV. Alfa Pustaka.

Lisa, L. A. 2023. Komunikasi Debat Bagi Pembangunan Karakter Generasi Muda Bengkulu. Artinara, 2(01), 32-38.

Mashudi, Muchammad, and Nur Kholis. "Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Active Debate Terhadap Hasil Belajar pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player di SMKN 2 Surabaya." Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 4.3 (2015): 747-751.

Mawarni, A. R. S., & Sumardi, A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Berbantuan Media Padlet Terhadap Hasil Belajar Teks Debat. Kabastra: Kajian Bahasa dan Sastra, 2(1).

Monalisa, V., & Zaiyasni, Z. 2020. Peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model active debate (debat aktif) kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2526-2540.

Ninoersy, T. T., & Akmal, S. 2020. Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah Melalui Metode Debat Aktif Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 20(2), 165-188.

Nurysamsiah, V. 2017. Pembelajaran Menganalisis Isi Debat Dengan Menggunakan Metode Debat Aktif Di Kelas X Sman 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).

Parapat, L. H., Huda, M. P. R., Harahap, M. H. E. M., & Lubis, M. P. K. (2022). Buku Ajar Menulis & Berbicara Produktif. Cv. Azka Pustaka.

Rahmat Huda, dkk, (2023). Adat : alur dalam debat. CV. Alfa Pustaka: Padangsidimpuan. ISBN. 978-623-09-3540-4

Shoimin, A. 2022. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, L. A., & Siregar, N. 2023. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 1105 Melalui Model Pembelajaran Active Debate. Student Research Journal, 1(5), 295309.

Tarigan, S. 2023. Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri 094115 Saribu Jandi Kecamatan Silima Huta Tp 2022/2023 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Yuliara, I. M. 2016. Regresi linier sederhana. Regresi Linier Sederhana, 13, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id