Faktor yang Memengaruhi Kurangnya Minat Membaca di Kalangan Mahasiswa PBSI serta Cara Mengatasinya

(1) * Dewi Leni Mastuti Mail (, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat membaca di kalangan mahasiswa. Tanpa adanya bimbingan serta arahan dari dosen maupun orang tuanya akan memengaruhi psikologis mahasiswa. Saat ini, mahasiswa lebih mengutamakan berpenampilan menarik daripada mengisi pemikirannya dengan pengetahuan (membaca buku). Minat membaca merupakan motivasi yang kuat pada pribadi mahasiswa untuk menganalisa, memahami serta mengevaluasi apa yang telah dibacanya. Pengalaman belajar yang menyenangkan memengaruhi mahasiswa dalam menentukan tujuan hidupnya yang lebih baik di masa yang akan datang. Masalah di sini adalah faktor yang memengaruhi minat membaca mahasiswa serta cara mengatasinya, agar mahasiswa PBSI Universitas PGRI Pontianak memiliki kesadaran dalam membaca. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Mahasiswa sebagai subjek penelitian akan diteliti dengan cara observasi dan dosen akan diwawancara. Sumber data adalah mahasiswa, dosen serta pustakawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa lebih baik dari sebelumnya. Di sini, dosen serta pihak pustakawan saling bersinergi dalam memberikan motivasi yang efektif sehingga muncullah inspirasi serta ide-ide baru yang telah didapat mahasiswa.

Keywords


Minat, Membaca, Mahasiswa.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/linguistik.v10i2.267-277
      

Article metrics

10.31604/linguistik.v10i2.267-277 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Akbar, Aulia. 2020. Minat Literasi Mahasiswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 4(2b): 593-96.doi: 10.35568/naturalistic.v4i2b.768.

Anisa, Azmi Rizky, Ala Aprilia Ipungkarti, dan Kayla Nur Saffanah. 2021. Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. Current Research in Education Series Journal 01 (1): 1-12.

Anugra, Helzi, Pawit M. Yusup, dan Wina Erwina. 2013. Faktor-Faktor Dominan Yang Memengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori Tentang Minat Baca Mahasiswa Di Upt Perpustakaan Itb. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan 1(2): 137.doi:10.24198/jkip.vli2.9980.

Budiman, Haris. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Teknologi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8: 75-83.

Darmono. 2001. Pusat Informasi dan Layanan, Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Etnanta, Yunar, dan Ana Irhandayaningsih. 2017. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(1): 371-80.

Faizah, Utama Dewi, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K. Wiedarti, Pangesti & Laksono, Ed.). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hardianto, Deni. 2014. “Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Ilmu Pendidikan UNY.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 7(1): 109.doi: 10.36835/edukais.2020.4.2.95-105.

Kamarudin, K., dan Pahar, E. (2020). Model Pengembangan Buku Ajar Pengayaan Membaca Seloko Adat Melayu Jambi di SMP. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 170-178.

Kreitner, Robert & Kinichi, Angelo. 2008. “Organizational Behaviour.” Seventh Edition. Mc. Graw Hill International.

Latifa, Hilda Ummul. 2018. “Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Hinga Keberhasilan Pendidikan di Indonesia.”

Martoyo, Susilo. 2019. Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan di Rodex Travel Surabaya. Jurnal Angora. Vol. 4, No. 2.

Prasrihamni, M.,dkk. 2022. Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(1).128-134.

Rasyidi, Bagus Jihanuddin. 2020. “Rendahnya Minat Membaca pada Mahasiswa Calon Pendidik.” Pendidikan dan Sastra Indonesia 7(4): 3-4.

Sadli, Muhamad & Baiq Arnika Saadati. 2019. Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2): 156

Saleh, Drs Muhammad. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Baca Mahasiswa STAIN Pare-Pare.”

Sudarsana, Undang. 2014. “Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca.”Pembinaan Minat Baca 1-49.

Tarigan, H. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

UNESCO. 2016. Monitoring and Coordinating Education Development. Diakses pada tanggal 20 September 2024.

Widodo, Arif, Dyah Indraswasti, Muhammad Erfan, Mohammad Archi Maulyda, dan Aisa Nikmah Rahmatih. 2020. “Profil Minat Baca Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram.” Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 10(1):34.doi:10.25273/pe.vl0il.5968.

Wijarti, Della Nur. 2016. “Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris (Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa).” Skripsi Universitas Samratulangi 7(6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id