Konteks Percakapan Iklan di Kota Kisaran: Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia

(1) * Zulkarnain Sirait Mail (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal (STMIK ROYAL), Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini membahas konteks percakapan dalam iklan berbahasa Indonesia di Kota Kisaran, dengan fokus pada kesesuaian penggunaan bahasa terhadap Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Bahasa dalam iklan memainkan peran penting sebagai alat komunikasi antara produsen dan konsumen, terutama dalam kegiatan perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konteks dan teks, serta sejauh mana penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam iklan radio di Kisaran. Data penelitian diperoleh dari rekaman siaran Radio Hit FM Kisaran dan Radio Citra Kisaran, baik iklan komersial maupun layanan masyarakat. Metode yang digunakan adalah kualitatif interaktif dengan teknik pengumpulan data berupa rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks dan teks dalam iklan saling berkaitan erat. Namun, ditemukan masih banyak iklan yang tidak mematuhi kaidah EBI. Misalnya, pada iklan “Teh Sari Wangi”, percakapan antara penjual dan pembeli disampaikan secara kurang maksimal karena pesan produk tidak dijelaskan secara menyeluruh. Dalam iklan layanan masyarakat, ditemukan penggunaan kata yang tidak sesuai ragam bahasa baku seperti “peguluan”, “mengajalkan”, “julus”, “banjil”, “bejalan”, dan “mending”, yang mencerminkan upaya menjangkau semua kalangan masyarakat..

Keywords


Bahasa Iklan, Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), Konteks dan Teks.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/linguistik.v10i2.115-122
      

Article metrics

10.31604/linguistik.v10i2.115-122 Abstract views : 4 | PDF views : 3

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdul Rani, Bustanul Arifin, Martutik. 2006. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam

Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

© UM-Tapsel Press 2025

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Hal.121

Konteks Percakapan Iklan di Kota Kisaran: Analisis Penggunaan ……….. 115-122

Zulkarnain Sirait

Edward. 2011. “Definisi Periklanan Menurut Beberapa Ahli” (Online).

http://oaththinking.blogspot.com/2011/04.html.

Efendi, Anwar. 2008. Bahasa dan Pembentukan Citra dalam Komunikasi Periklanan di

Televisi. Jurnal. Volume 2, No. 2

Indrawati, Sri. 2008. Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Informasi Layanan Umum dan

Layanan Niaga, Sudah Benarkah?. Jakarta

Kusumawati. Analisis Pengguanaan pemakaian Gaya Bahasa Pada Iklan Produk kecanikan

Perawatan Kulit Wajah di televisi. 2010. Surakarta. UNS

Lubis, Dini Aida. 2014. Analisis Relasi Makna Bahasa Iklan Dalam Media Massa. (Tesis).

Medan. UMN

Hakim,

Lukman.

Pengertian

dan

fungsi

bahasa

http://lukmannhakimm.blogspot.co.id/2011/11/-pengertian-fungsi.html.

(Online).

Mustofa, Amir. 2010. Analisis Wacana Percakapan “Debat Tv One”. (Skripsi). Surakarta.

UNS

Mulyana. 2005. Kajian Wacana Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis

Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana

Panggabean, Jason Walker. 2013. Makalah Pragmatik–Sruktur Percakapan (online)

tersedia:

http://jasonwalkerpanggabean.blogspot.co.id/2013/12/makalah-pragmatik

struktur-percakapan.html.

Pratiwi, Mega. 2011. Teori Penulisan Bahasa Iklan (Online). http://megapratiwi

tugas.blogspot.co.id/2011/05/teori-penulisan-bahasa-iklan.html.

Sumarlam. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Karya.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:

Balai Pustaka, 2003), Cet. III, hlm. 17.

Umry, Shafwan Hadi. 2011. Bahasa Pers, Iklan, dan Bahasawan. Medan: USU Press

Umry, Shafwan Hadi. 2016. Sikap Kita Berbahasa. Medan: CV. Mitra Medan

Yolandi, Sepris. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap

loyalitas konsumen dalam menggunakan Vaseline hand and body lotion di kota padang.

Jurnal. Volume 3, nomor 2.

Yayat Sudaryat. 2008. Makna dalam Wacana. Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id