*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif untuk siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Siduaori dengan menggunakan teknik jigsaw. Siswa mengalami kesulitan dalam membaca karena kurangnya minat dan latar belakang pengetahuan, terutama dengan teks bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan melalui dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, di mana setiap anggota belajar dan kemudian mengajarkan sebagian teks naratif. Hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata 51,86, dengan 16,37% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah siklus pertama menggunakan teknik jigsaw, skor rata-rata post-test meningkat menjadi 68,23, dengan 27,27% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua, fokus pada struktur teks naratif (orientasi, komplikasi, resolusi, reorientasi) meningkatkan pemahaman siswa. Nilai post-test meningkat menjadi 80,55, dengan 80,55% siswa memenuhi KKM. Teknik jigsaw secara efektif meningkatkan pemahaman dan kolaborasi siswa. Teknik ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran membaca untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman, terutama untuk teks naratif. Â KeywordsPemahaman Membaca, Teks Naratif, Teknik Jigsaw, PTK.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/linguistik.v9i4.728-740 |
Article metrics10.31604/linguistik.v9i4.728-740 Abstract views : 122 | PDF views : 47 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Jurnal
Alfaruqy, A. (2021). The Effectiveness of Jigsaw Technique in Teaching English for Junior High School Students. Journal of English Language Teaching, 9(2), 85-92.
Ali, H. (2001). The impact of jigsaw technique on reading comprehension. Journal of Language and Linguistics, 1(2), 34-45.
Ali, M. (2001). Enhancing Reading Comprehension through Jigsaw Technique. Journal of Language Studies, 7(1), 45-58.
Hafis, A., Anita, N., & Rahmawati, R. (2020). The correlation between reading comprehension and students' academic performance. Journal of Educational Psychology, 12(3), 45-58.
Halimah, H., Purba, C. N., & Rachmijati, C. (2019). Improving students' reading comprehension through jigsaw technique. International Journal of Education and Research, 7(5), 121-136. https://doi.org/10.33633/ijer.v7i5.001
Mengduo, W., & Xiaoling, Z. (2010). Application of jigsaw technique in reading comprehension. Modern Language Journal, 94(4), 589-601.
Mengduo, Y., & Xiaoling, W. (2010). Cooperative Learning: A Review of the Jigsaw Technique. International Journal of Educational Research, 5(4), 349-355.
Buku
Alfaruqy, M. (2021). The implementation of the jigsaw technique to increase students' listening achievement and motivation aspects Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Rayner, K., Foorman, B. R., Perfetti, C. A., Pesetsky, D., & Seidenberg, M. S. (2012). How psychological science informs the teaching of reading. Psychological Science in the Public Interest, 2(1), 1-30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id






Download