 (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
 (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)(2) Annisa Ilmi Faried
 (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)
 (Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas VII di SMP Panca Budi melalui jurnal harian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah hasil tes menulis siswa sejak pre- test , tes pada siklus 1 dan tes pada siklus 2, angket siswa, hasil wawancara dan lembar observasi. Hasilnya, terjadi peningkatan kemampuan menulis siswa dari waktu ke waktu. Pada saat pra-tindakan, nilai rata- rata kemampuan menulis siswa hanya 50,78. Namun, setelah dilaksakan metode penulisan jurnal pada siswa di siklus 1, nilai rata- rata siswa meningkat siginifika menjadi 72,5. Bahkan, nilai siswa lebih meningkat lagi ketika dilakukan siklus 2. Nilai rata- rata siswa menjadi 89. Hal ini membuktikan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan menulis cerita secara siginifikan pada siswa kelas VII SMP Panca Budi Medan melalui jurnal harian siswa KeywordsKemampuan Menulis, Jurnal harian | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.264-272 | Article metrics10.31604/linguistik.v7i2.264-272 Abstract views : 500 | PDF views : 317 | Cite | Full Text Download | 
References
Sadiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.2011. Jakarta : Rajawali Pers, Cet. 19.
Siregar, Evaline dan Hartini Nara.2011.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia, Cet.II.
Siregar, Evaline dan Hartini Nara.2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia, Cet.II.
Suharsini, Ari Kunto, dan Suharjono Supardi.2010.Penelitian Tindakan keleas. Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cet. IX.
Y, Budi Nuryanta, Kasuriyanta, dan Imam Koemen.2008. Pengajaran Keterampilan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka, Cet. II.
Z, Zurinal dan Wahdi Sayuti.2006. Ilmu Pendidikan Pengantar dan Dasar- dasar Pelaksanaan Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press, Cet. I.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
 Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id
 
 
  
  
  
  Email this article
			Email this article 







