Efektivitas Kinerja Lembaga Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur Dalam Menangani Mal Administrasi Pelayanan Publik
Abstract
Di Indonesia masih sering terdapat laporan terkait maladministrasi. Hal ini membuat pemerintah membentuk sebuah lembaga yang bernama Ombudsman yang bertujuan menerima dan menindak lanjuti terkait permasalahan maladministrasi yang sering terjadi di lingkup pemerintah.. Masalah difokuskan pada efektivitas kinerja Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur dalam Menangani Maladministrasi pelayanan publik. Data-data dikumpulkan melalui metode deskriptif kualitatif yang mana teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa kinerja Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur telah memenuhi keempat indikator efektivitas tersebut, sehingga kinerja lembaga dapat dikatakan cukup efektif dalam menangani maladministrasi pelayanan publik sesuai prosedur serta selalu berusaha menyelesaikan aduan maladministrasi sesuai target meskipun, terdapat kekurangan pada pegawai atau personil yang ada saat ini.
Kata-Kata Kunci: Efektivitas; Ombudsman RI; Maladministrasi; Pelayanan Publik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadamedia Group.
M.Steers, R. (2005). Efektivitas Organisasi, (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Mulyadi, D. (2016). Administrasi Publik dan Pelayanan Publik. Alfabeta.
Mutaqin, Z. Z. (Ed.). (2022). Pendidikan dan Implementasi Integritas. CV. Media Sains Indonesia.
Nurtjahjo, H. (2013). Memahami Maldministrasi. Ombudsman Republik Indonesia.
Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.
Adnan, M. F. (2020). Upaya Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia di Provinsi Sumatera Utara . Jurnal MIAP 2(1)
Glorista, A. (2016). Mekanisme Penanganan Maladministrasi Oleh Ombudsman Republik Indonesia. JOM 1(1)
Lestari, T. (2017). Peran dan Fungsi Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia dalam Meningatkan Mutu Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik 2(2)
Putri, K. (2017). Efektivitas Kinerja Ombudsman dalam Menangani Pengaduan Pelayanan (Kasus Maladministrasi Di Kota Pekanbaru). JOM Fisip, 4(1).
Savitri, Z. (2019). Optimalisasi Peran Ombudsman Aceh dalam Upaya Pencegahan Maladministrasi Kepegawaian Pada Dinas Pendidikan Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah 4(2)
Rahayu, L. R. (2018). Penerapan Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berdasarkan Undang- Undang No.37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia . Thesis Universitas 17 Agustus 1945 .
DOI: https://doi.org/10.31604/justitia.v6i1.82-91
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora