PENERAPAN PENDIDIKAN TERHADAP ANDIKPAS DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK LAMPUNG

(1) * M. Sabichis Ridwan Mail (POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN, Indonesia)
(2) Ali Muhammad Mail (Politeknik Ilmu Pemasyarkatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Riset ini dilakukan untuk mendiskripsikan pembinaan yang diberikan kepada andikpas khususnya di dalam LPKA yang dikhususkan di bidang pembelajaran terhadap andikpas yang bersangkutan, kebijakan serta strategi yang dilakukan untuk program pembelajaran andikpas di LPKA, serta hambatan yang dirasakan dalam proses pembelajaran yang diberikan kepada andikpas. Dalam riset ini saya menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dan metode analisis informasi dengan memakai sistem pengumpulan informasi, kondensasi informasi, penyajian informasi serta penarikan kesimpulan. Metode keabsahan informasi trianggulasi sumber serta tenik. Hasil riset:( 1) LPKA didalam proses pembinaan andikpas mempunyai prosedur dalam pelaksanakan pembinaan a) meng Identifikasi tinkat sekolah terakhir anak yang bersangkutan, b). Mencari mitra buat menjalakan kerjasama spesialnya dalam bidang pembinaan andikpas tidak terkecuali dalam pembinaan pembelajaran andikpas.( 2) Kebijakan pembinaan andikpas terwujud dalam wujud aturan- aturan yang terdapat di LPKA serta Strategi pembinaan pembelajaran anak dari LPKA ialah mengutus 2 stafnya buat dijadikan guru pengajar supaya dapat menolong proses kelancaran dalam pembinaan pembelajaran yang diberikan kepada andikpas( 3) Kendala- kendala dalam proses pembinaan pembelajaran andikpas ialah sarana ataupun fasilitas prasarana dalam pendidikan, guru yang tidak sering tiba buat mengajar, registrasi kanak- kanak ke database dinas buat dijadikan murid formal SKB, serta pula pada pembiayaan pendidikannya.

Keywords


pendidikan; lembaga pembinaan khusus anak; andikpas

   

DOI

https://doi.org/10.31604/justitia.v9i4.1659-1666
      

Article metrics

10.31604/justitia.v9i4.1659-1666 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


JDIH. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kemenag. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan.

Kemlu. UU No. 11 Tahun 2012 mengenai Sistem Peradilan Pidana Anak.

Kemlu. UU No. 23 Tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak.

Huberman dan Miles. (2014). Qualitative Data Analyzis. California: Sage Publication.

Moelong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munib, Achmad. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Kadir, Yulianto, Kurnianto, Fuzi, Baehaqi, Rosmiati, Nu’man.2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Nababan, Sihombing., Akwila Sabastian. 2013. Pelaksanaan Hak Memperoleh Pendidikan Anak Pidana. Jurnal Ilmu Hukum. Volume 02.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora