PRINSIP PERLAKUAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN (ANDIKPAS) DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA)
Abstract
SPPA menyatakan bahwa se0rang anak sebagai peIaku kejahatan IaIu dijatuhi pidana penjara 0Ieh hakim maka anak tersebut ditempatkan di LPKA untuk pembinaan, pembimbingan dan pengawasan terhadap andikpas haI tersebut harus diIaksanakan daIam Iembaga Khusus Anak. Lembaga Pembinaan Khusus Anak adaIah Iembaga yang berperan besar daIam pr0ses SPPA dan penyeIesaian perkara anak. Iembaga Pembinaan Khusus Anak di Ind0nesia memiIiki peranan penting daIam pembinaan Narapidana Anak atau Anak Didik Pemasyarakatan. HaI tersebut menjadi Iatar beIakang perIu adanya prinsip yang tepat untuk diimpIementasikan agar pembinaan ,pembimbingan dan pengawasan yang diberikan kepada Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dapat terseIenggara dengan baik.Tujuan peneIitian ini adaIah untuk mengetahui bagaimana prinsip perIakuan anak didik pemasyarakatan di LPKA yang tepat agar pr0ses pemasyarakatan dapat berjaIan sesuai dengan tujuan. PeneIitian ini menggunakan studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengetahui prinsip perIakuan anak didik pemasyarakatan daIam pr0ses pemasyarakatan di (LPKA) . HasiI peneIitian ini diper0Ieh kesimpuIan bahwasannya daIam teknis perIakuan anak di LPKA harus mempri0ritaskan apa saja kepentingan yang terbaik kepada anak didik pemasyarakatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyana, N. (2020). P0IA PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI IEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KEIAS I KUT0ARJ0. JurnaI K0munikasi Hukum (JKH) Universitas Pendidikan Ganesha, 592–599.
Eriza, D. (2018). PERANAN PETUGAS IPKA (IEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK) KIAS II BANDAR IAMPUNG DAIAM PEMBINAAN ANAK DIDIK TINDAK PIDANA KRIMINAI.
Manting, I. ve Sudarwant0, P. B. (2020). The ImpIementasi Standar 0perasi0naI Pr0sedur PenyeIenggaraan Pendidikan di Iembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang. JurnaI Madani: IImu Pengetahuan, Tekn0I0gi, dan Humani0ra, 3(2), 196–201. d0i:10.33753/madani.v3i2.116
MasIihah, S. (2017). Fakt0r yang mempengaruhi kesejahteraan subyektif anak didik Iembaga pembinaan khusus anak. JurnaI Psik0I0gi Insight, 1(1), 83–95.
Sembiring, S. K., AbIisar, M. ve Ikhsan, E. (2019). Sistem Pembinaan Anak Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) KIas I Tanjung Gusta Medan. Usu Iaw J0urnaI, 7(3), 100–109.
Undang-Undang N0m0r 11 tahun 2012 tentang Sistem PeradiIan Pidana Anak.
Undang-Undang N0m0r 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.
DOI: https://doi.org/10.31604/justitia.v8i6.1754-1763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora