ANALISIS STRATEGI PEMENUHAN PELAYANAN KESEHATAN NARAPIDANA SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK ASASI MANUSIA (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Purwokerto)
Abstract
Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui strategi pemenuhan pelayanan kesehatan kepada narapidana di poliklinik Lembaga Pemasyarakata Kelas IIA Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif melalui analisis SWOT pada pemangku kepentingan kesehatan. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi lapas dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada narapidana. Ada ketersediaan brosur, gambar atau pamflet yang menjelaskan bahaya penyakit, pemeriksaan kesehatan rutin, dan juga kesiagaan petugas untuk datang ke blok apabila ada narapidana yang sakit. Poliklinik lapas itu sendiri memiliki keuntungan dimana ada perjanjian kerjasama dengan puskesmas. Hal ini sangat membantu jalannya pelayanan kesehatan secara optimal baik dari sarana pra sarana maupun obat – obatan dalam upaya pemenuhan hak asasi manusia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandi, H. (2019). Implementasi Hak atas Kesehatan Menurut Undang-Undang Dasar 1945: antara Pengaturan dan Realisasi Tanggung Jawab Negara. Jurnal Hukum Positum, 4(1), 36. https://doi.org/10.35706/positum.v4i1.3006
Dini Ramayani, D. R. (2020). Pelayanan Kesehatan Tahanan Pada Kondisi Over Crowded Di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Cipinang. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 52. https://doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.652
Fajrin, R. A. (2015). Pelaksanaan Hak Narapidana atas Pelayanan Kesehatan dan Makanan yang Layak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bojonegoro. Jurnal Novum, 2(3),15. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/novum/article/view/13066
Firmansyah, R., A.Rani, F., & Adwani, A. (2019). Pemenuhan Pelayanan Kesehatan dan Konsumsi Bagi Narapidana di Lapas dan Rutan. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 8(3), 433. https://doi.org/10.24843/jmhu.2019.v08.i03.p10
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). Retrieved from http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42. https://doi.org/10.26576/profesi.135
Lembaga, P., Klas, P., & Pekanbaru, I. I. B. (n.d.). GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI NARAPIDANA ANAK DI POLIKLINIK LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II B PEKANBARU Riyan Muhammad Darundryo 1) , Tuti Restuastuti 2) , Dedi Afandi 3). 1.
Nunung Bayu Aji, N. B. A. (2018). Analisis Swot Daya Saing Sekolah: Studi Kasus Di Sebuah Sma Swasta Di Kota Tangerang. O p e r a t i o n s E x c e l l e n c e, 2018, 10(1): 65-73, 10(1), 73.
Udang, P., Pt, B., Mina, M., Aurora, N., Mustika, P. T., Nusa, M., Tarakan, A., & Borneo, N. (2015). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI TARAKAN , KALIMANTAN UTARA SWOT Analysis in Determining The Marketing Strategy OF Frozen. 4(1), 60–67.
Pangaribuan, L. M. P. (2017). Hak Asasi Manusia. Jurnal Hukum & Pembangunan, Vol. 19, p. 519.https://doi.org/10.21143/jhp.vol19.no6.1180
Valerian, I. (2019). Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan pada Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Palu. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 45–55. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/preventif/index
Wulandari, S. (2015). Fungsi sistem pemasyarakatan dalam merehabilitasi dan mereintegrasi sosial warga binaan pemasyarakatan. Serat Acitya, 2(2), 91.
Zuhair, A. A. (2020). Optimalisasi Stakeholder Dalam Pelayanan Kesehatan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Afif Adnan Zuhair Optimization of Stakeholders in Inmate Health Services in Correctional Institutions Pendahuluan Hak asasi merupakan suatu hak yang dipunyai oleh manu. Jurnal Ilmiah Kesehatan, XIII(II).
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Republik Indonesia, 1945.
Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia. Republik Indonesia, 1999.
DOI: https://doi.org/10.31604/justitia.v9i1.318-329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora