Analisis Kualitas Layanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Narapidana Di Lapas Narkotika Kelas IIa Pamekasan

Abdurrahman Faizal Bahari

Abstract


Kualitas pelayanan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan sudah diterapkan dimensi Tangibel, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Pelayanan yang sudah diterapkan oleh Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan berlum berjalan sesuai dengan apa yang sudah di tetapkan, masih terdapat beberapa kendala yang harus di benahi kembali dan di tingkatkan lagi, seperti sarana dan prasaerana, anggaran, dan lain – lain . Faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan di Lapas Narkotik Kelas  IIA Pamekasan adalah kurangnya sarana dan prasarana, dan Sumber daya manusia. Sedangkan faktor yang mendukung pelaksanaan layanan berupa semangat dari petugas pemasyarakatan yang saling mendukung satu sama lain, mengadakan rapat semacam koordinasi serta evaluasi setiap bulannya, kemudian memberikan penanaman kesadaran melakukan pelayanan yang di berikan kepada narapidana.


Keywords


layanan, lembaga pemasyarakatan, narapidana.

Full Text:

PDF

References


Indonesia, undang-undang pemasyarakatan, Ps. 3

Indonesia, Undang – undang pemasyarakatan psl. 14 ayat 1 huruf e

Sismolo, et.al, 2010, Peningkatan Kinerja Bidang Kegiatan Kerja dalam Rangka Terwujudnya Narapidana Menjadi Mandiri pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon, Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, hal. 2. Web http://eprints.ums.ac.id/44991/4/BAB%20I.pdf

M. Nur Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Parasuraman A Valerie. (2001). Delivering Quality Service. (diterjemahkan oleh sutanto). New York. The free press.

Gaspersz, Vincent. (2002). Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia.

Parasuraman A Valerie. (2001). Delivering Quality Service. (diterjemahkan oleh sutanto). New York. The free press.

J.supranto.(2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pasar.Cet.2. Jakarta:P T Rineka Cipta

Danang Sunyoto. (2013). Teori Kuesioner dan Analisi Data untuk Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31604/justitia.v7i1.84-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora