UJI USABILITY MENGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUG PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

(1) * Awaluddin Dongoran Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Teknologi informasi di dunia pendidikan telah menjadi kebutuhan primer. Teknologi informasi digunakan untuk membantu mengolah dan mengintegrasikan berbagai macam data, sehingga data dan informasi dapat disajikan secara lebih cepat, akurat, dan efisien. Agar pelayanan kepada customer lebih optimal, maka teknologi informasi dapat dilakukan pengujian untuk mengukur seberapa mudah sebuah sistem tanpa hambatan pengguna sistem. Pengujian usability diperlukan untuk mengetahui interaksi pengguna terhadap sistem dan mengidentifikasi masalah ketika pengguna menggunakanya. Pengujian dengan melibatkan pengguna merupakan metode usability yang paling mendasar untuk dilakukan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dengan melibatkan pengguna diantaranya Heuristic Evaluation, Thinking Aloud, dan Cognitive Walkthrough. Pada metode Heuristic Evaluation pengguna akan diberikan kuisioner untuk melakukan penilaian terhadap sistem. Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi berbasis teori digunakan untuk mengidentifikasi masalah, mendefinisikan penyebab masalah, dan menghasilkan rekomendasi perbaikan. Keunggulan metode Cognitive Walkthrough melakukan pengujian langsung dengan pengguna sehingga interaksi pengguna dengan aplikasi terlihat optimal. Oleh karna itu penelitian ini akan menguji usability sistem informasi akademik menggunakan metode Cognitive Walkthrough.


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jti.v1i1.11411
      

Article metrics

10.31604/jti.v1i1.11411 Abstract views : 370 | PDF views : 132

   

Cite

   

Full Text

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.