(1) Esto Fanny Munthe Mail (Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Sri Wahyuni Mail (Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Nur Fitriani Mail (Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(4) Annisa Munawaroh Mail (Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
(5) * Sajaratud Dur Mail (UIN SUMATERA UTARA, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Transportasi publik ramai dimanfaatkan bagi warga metropolitan dan diberi trayek. Di lain pihak, saran juga jasa transportasi perkotaan tidak mengindahkan keamanan fisik atau kualitas pelayanan menyebabkan penduduk perkotaan lebih memilih transportasi individu sebagai sarana pemenuhan mobilitasnya. Peran Kementerian Perhubungan Kodya Medan adalah satuan perwujudan. Peraturan Daerah Kodya Medan di bidang perhubungan dikoordinasikan pada KaDis juga berkewajiban pada walikota melalui sekda.
Kerangka riset yang diterapkan periset adalah penelitian kualitatif, di mana informasi dikumpulkan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data pendahuluan dan sekunder, narasumber pada riset ini yaitu Kepala Perhubungan Kota Medan.Pelayanan, informan utama yaitu Kepala Kementerian Perhubungan. Divisi lalu lintas serta angkutan darat dan narasumber lainnya. Ia merupakan kepala bagian ketiga Koperasi Angkutan Umum Medan (KPUM) dan bagian paroki perkotaan yang memanfaatkan tranportasi publik. Hasil riset ini untuk mengetahui bahwa Kementerian Perhubungan Kodya Medan telah melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan. Fungsi dan fungsi Dinas Perhubungan Kota Medan adalah sebagai perantara, pelaksanaan pembangunan dan pengendalian.


Keywords


peran, kemampuan trayek, kualitas jasa, transportasi publik

          

Article metrics

Abstract views : 710 | PDF views : 168

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arief, Mts. 2007, Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Malang : Banyumedia Publishing.

Hasibuan, Mora Rizki. 2016. Peranan Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Angkutan Kota (Studi Pada Dinas Kota Medan). (Medan: Universitas Sumatera Utara).

Purba, Siska Pebriani. 2018. Peran Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Bidang Transportasi Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi Di Sumatera Utara. (Medan: Universitas Negeri Medan).

Rahma, Novia, dkk. 2008. Peranan Dinas Perhubungan Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Bidang Angkutan kota.. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1, No. 7, Hal.1296-1304.

Singarimbun, Masri.1995. Metode Penelititan Survei. LP3S,

Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.