PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN BUDAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BARUMUN

Darliana Sormin, Samsidar Lubis, Mira Rahmayanti Sormin, Rosmaimuna Siregar, Abdollah Rahmat Harahap

Abstract


Skripsi ini berjudul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Budaya belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Barumun”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran guru PAI di SMA Negeri 1 Barumun dalam meningkatkan budaya belajar siswa kelas XI, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode kualitatif adalah suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada saat penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian yaitu : reduksi data, display data dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan bahwa “Budaya belajar siswa pada saat pembelajaran di kelas adalah: (1) Bertanya saat pembelajaran; (2) Memperhatikan dengan baik; (3) Mengerjakan tugas yang diberikan; (4) Mencari guru untuk mengisi pembelajaran; dan (5) Mengikuti pembelajaran dengan baik dan antusias tinggi. Indikator budaya belajar siswa pada saat di luar kelas di dalam sekolah adalah: (1) Belajar untuk pelajaran yang akan datang; (2) Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh; (3) Menggunakan waktu luang dengan/ untuk belajar; (4) Menanyakan/ Mendiskusikan pelajaran bersama teman/ guru; (5) Menanyakan nilai hasil test kepada guru; dan (6) Memperbandingkan nilai hasil test bersama teman”.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (2017). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 67.

Ahmadi. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 128

Bahri Djamarah, Syaiful. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.31

Hamalik, Oemar. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 36

Hariyanto, Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 187

Maunah, Binti. (2013). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras. 139

Nana Syaodih,, R.Ibrahim. (2013). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 67

Poerwadarminta, WJS. (2012). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 57

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. 1

----------- (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 7-8

Syaodih Sukmadinata, Nana. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. 3

Tim Penyusun. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 130-131

Toha, Chabib. (2014). Metodologi Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 5

Undang-Undang SISDIKNAS (2010). Tim Fokus Media. Jakarta: Fokus Media. 26


Article Metrics

Abstract view : 519 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.