PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK

Mulyadi Hermanto, Adek Kholijah

Abstract


Stra

tegi Pembelajaran Ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal. Strategi Pembelajaran Ekspositori merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher centered approach). Melalui strategi ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Fokus utama strategi ini adalah kemampuan akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Memotivasi Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas X di MAS YPKS Padang Sidempuan bahwa  Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori belum efektif di MAS YPKS tidak sesuai dengan yang dicantumkan dan tidak bisa di terapkan karena banyak kendala. strategi ini kurang tepat, maka guru harus menambah kolaborasi/mengganti strategi yang tepat untuk kondisi siwa. (2) Kendala dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas X di MAS YPKS Padang Sidempuan adalah: (a) Suara guru pelan sehingga siswa yang di belakang ada yang bercerita. (b) Daya dengar siswa terbatas pada saat guru menjelaskan. (c) Jadwal belajar kurang cocok untuk menerapkan strategi ini. (d) Kurangnya kemauan siswa untuk mendengar. (e) Tidak tersedianya media pembelajaran seperti alat proyektor. (f) Siswa yang jarang masuk akan susah untuk mengerti pelajaran yang di jelaskan guru.

Kata kunci: Pembelajaran Ekspositori, Penerapan Strategi.



Full Text:

PDF

References


Endang Mulyatiningsih, 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung Alfabeta.

Harmuni, 2012. Strategi dan Model-Model Pembelajaran, Yogyakarta: Investidaya.

Ibrahim Bafadal, 2013. Supervise Pengajaran Teori dan Aplikasinya Dalam Membina Professional Guru Jakarta: Bumi Aksara.

Margono, 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Ramayulis, 2022. Metodologi Pengajaran Agma Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Suharsini Arikunto, 2013 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Wasty Soemanto, 2015. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya, 2018. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.


Article Metrics

Abstract view : 714 times
PDF - 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.