UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH SYEKH SULAIMAN BAQI HUTAPUNGKUT KECAMATAN KOTANOPAN KABUPATEN MANDAILING NATAL
Abstract
kenakalan remaja sekarang ini sangat memprihatikan sehingga harus mendapat tindakan yang tegas untuk segera diselesaikan. Mengingat bahwa masa remaja yang sangat potensial untuk berkembang kearah positif maupun negatif maka intervensi edukatif dalam bentuk pendidikan, bimbingan, maupun pengarahan sangat diperlukan, untuk mengarahkan perkembangan potensi remaja tersebut agar berkembang kearah yang positif dan produktif. Untuk itu peran guru akidah akhlak sangat diperlukan untuk menanggulangi kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk kenakalan siswa di MA. Syekh Sulaiman Baqi Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal antara lain membolos, memalsukan surat izin, ribut di kelas saat pelajaran, cara berpakaian yang tidak sesuai dengan ketentuan, tidak mengerjakan tugas, terlambat ke sekolah, merokok, membawa HP ke sekolah dan berkelahi. Upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa yaitu dengan upaya preventif, upaya represif dan upaya kuratif. Dalam tindakan preventif ini guru senantiasa membimbing dan mengarahkan kepada perilaku yang baik berakhlakul karimah moralitas juga berusaha memberikan contoh sikap yang baik, sehingga dapat dijadikan panutan bagi siswa contohnya berpakaian sopan, datang ke sekolah tepat waktu, disiblin, dan santun dalam berbicara. Pada tindakan represif dilakukan dengan memberi sanksi atau hukuman bagi siswa yang melakukan pelanggaran misalnya memberi hukuman menghafal surah- surah pendek dan menghafalnya. Sedangkan pada tindakan kuratif dilakukan melalui tindak lanjut guru dan hubungan komunikasi antara sekolah dengan orang tua siswa.
Kata kunci: upaya guru akidah akhlak, kenakalan, siswa
Full Text:
PDFReferences
Amin, Moh. 2012,”Pengantar Ilmu Pendidikan Islam (Pasuruan: Garoeda Buana)
Cakra, Nila. 2021,”Pendidikan Karakter: Pola Peran, Implikasi Dalam Pembinaan Remaja Hindu,(Jl. Raya Darmasaba)
Hermanto, Mulyadi Nst. Dkk, 2022,” Metode Pembinaan Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Um Tapsel, Cetakan Pertama)
Kesuma, Diani. 2022,” Reformasi Pelayanan Publik,(Jakarta Selatan: Damera Pres)
Lestari, Inda Puji. 2021,” Model Pencegahan Kenakalan Remaja Dengan Pendidikan Agama Islam” (Jawa Barat:Cv Adanu Abimata )
Umar, Fitrawan. 2023,” Strategi Konselor dalam Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja, ( indonesia: fitrawan umar)
Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.
Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).
Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.
Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.
Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.
Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.
Article Metrics
Abstract view : 566 timesPDF - 818 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.