PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PADANG SIDEMPUAN

Ayu Lestari, Darliana Sormin, Jumaita Nopriani Lubis

Abstract


Dalam pembelajaran akidah akhlak strategi pengelolaan kelas sangat diperlukan guru dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif serta menciptakan hubungan interpersonal baik antara guru dengan siswa ataupun antar sesama siswa selain itu strategi pengelolaan kelas juga dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak. Adapun rumusan masalah dalam hal ini adalah bagaimana strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru pada mata pelajaran akidah akhlak serta bagaimana langkah-langkah guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Sidempuan kelas VIII-3. Peneliti mengadakan penelitian dengan melakukan sebuah metode dan kemudian data di analisis sehingga menunjukkan hasil setelah diadakan penelitian.


Full Text:

PDF

References


Rusmaini. 2011,” Ilmu Pendidikan”,(Palembang: Grafika Telindo)

Usman, Husaini. 2013,” Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidika”, (Jakarta: Bumi Aksara)

Rusman. 2011,”.Model-Modelajaran”, (Jakarta: Rajawalipers)

Daradjat, Zakiya, dkk. 2011,”Pendidikan Islam, cet. Ke-11”,(Jakarta: Bumi Aksara)

Halimah, Koswara. 2010,” Menjadi Guru Kreatif", (Bandung: Pribumi Mekar)

Rahman, Nazaruddin. 2013,” Pembelajaran Implementasi Konsep, karakteristik dan Metodologi PAI di Sekola Umum”, (Yogyakarta: Pustaka Felicha)

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.


Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.