PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN MEDIA KOTAK DADU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 7e dengan media kotak dadu bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 5 Wonomulyo. Populasi penelitian ekesperimen ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 5 Wonomulyo yaitu 127 orang, yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian yaitu Kelas VIII A 23 orang dan kelas VIII B 24 orang dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Analisis statistik deskriptif dan infrensial adalah teknik yang digunakan dalam menganalisis hasil penelitian. Hasil analisis inferensial di kelas kontrol didapatkan hasil p-value = 0,200 sedangkan untuk uji normalitas di kelas eksperimen didapatkan hasil p-value = 0,200 Kedua p-value > α = 0,05 sehingga simpulan yang ditemukan adalah data hasil belajar siswa di kedua kelas didapatkan dari populasi yang berdistribusi normal dan signifikansi 0,314 > 0,05 maka populasinya homogen. Kemudian hasil uji t menunjukkan sig 0,006 < 0,05 maka terjadi penolakan terhadap H0 dan menerima H1. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Learning Cycle 7e dengan media kotak dadu bahasa Indonesia berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada SMPN 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.