PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PELAJARAN FIKIH BAB HUDUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER I MA BALI BINA INSANI TABANAN

Alifatin Nur Faizah

Abstract


Situasi nyata di dalam kelas adalah siswa masih belum memahami penjelasan guru. Saat siswa disuguhkan materi di kelas, banyak siswa yang tidak mengobrol seiring dengan materi pembelajaran yang sedang berlangsung dan mungkin tidak memperhatikan guru atau kegiatan belajar di kelas. Siswa juga tidak berani mengungkapkan pendapatnya, dan rata-rata nilai ulangan hariannya di bawah nilai KKM. Penelitian perilaku kelas ini bertujuan untuk mengkaji apakah penerapan model PBL pada Bab Hukum Hudud dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI Semester 1 MA Bali Bina Insani Tabanan. Karena penelitian tindakan kelas ini bersifat deskriptif, maka analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif persentase, dengan menggunakan metode PBL untuk mendorong siswa lebih aktif terlibat dalam memecahkan masalah yang ada. Dan ini dibuktikan dengan partisipasi aktif siswa dalam tim kelompok dan persentase mereka yang mempertahankan solusi yang diberikan dalam pembelajaran fikih.


Keywords


Model problem based learning, Fikih, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Kamdi, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sanjaya, W. 2006. Model-model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: STIA LAN Press

Suparmin, A. 2007. Model-Model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: STIA¬ LAN

Abu Malik Kamal bin As – Sayyid Salim, Shahih Sunnah Fikih lenkap, Jakarta: Pustaka Azzam, 2006

Hidayat Syah, Metodologi penelitian tindakan kelas, (Fakultas tarbiyah dan keguru),2009

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Belajar Mengajar, Sinar Baru : Algensindo, 1995

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and school Retrieved from https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain-mind-experience-and-school-expanded-edition

Fuchs, L. S., Fuchs, D., Kazdan, S., Karns, K., Calhoon, M. B., Hamlett, C. L., & Hewlett, S. (2000). Effects of workgroup structure and size on student productivity during collaborative work on complex tasks. The Elementary School Journal, 100(3), 183-212. doi: 10.2307/1002151

Janssen, J., Kirschner, F., Erkens, G., Kirschner, P. A., & Paas, F. (2010). Making the black box of collaborative learning transparent: Combining process-oriented and cognitive load approaches. Educational Psychology Review, 22(2), 139-154. doi: 10.1007/s10648-010-9131-x

Madya, S. (2011). Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta.

Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas penentuan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra remaja. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 382-393. doi: 10.21831/cp.v3i3.1626

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Permendiknas 2009 No. 22, Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Kelas I-VI.

Purdue Online Writing Lab. (27/03/2015). APA Style. Reference list: Electronic sources (web publications). Retrieved 12 March, 2017, from https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/10/

Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China. Retrieved from http://stem2012.bnu.edu.cn/data/short%20paper/stem2012_88.pdf.

Ritter, F. E., Nerb, J., Lehtinen, E., & O'Shea, T. M. (Eds.). (2007). In order to learn: how the sequence of topics influences learning. New York, NY: Oxford University Press.

Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (Fifth ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Thomas-Hunt, M. C., Ogden, T. Y., & Neale, M. A. (2003). Who's really Sharing? effects of social and expert status on knowledge exchange within groups. Management Science, 49(4), 464-477. doi: 10.2307/4133951

Tobias, S., & Duffy, T. M. (Eds.). (2009). Constructivist instruction : success or failure? New York, NY: Routledge.

Undang-Undang RI 2005 No. 14, Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.638-645

Article Metrics

Abstract view : 459 times
PDF - 550 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.