UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SARANA PRASARANA BERBASIS MODERN DI SD MUTIARA BANGSA KABUPATEN SERANG BARU TAHUN AJARAN 2020

Intan Permatasari, Hinggil Permana

Abstract


Konsep ini menekankan pada upaya sekolah untuk mendefinisikan apa yang ingin dicapai dan bagaimana seharusnya mencapai hasil yang bermanfaat dalam pendidikan sehingga sekolah dapat memahami ruang lingkup dunia yang kompetitif dan berkembang keunggulan kompetitif secara sistematis dan konsisten. Manajemen yang baik dimana fungsi-fungsi yang dimaksud tidak lebih dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, agar kegiatan belajar dan mengajar secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan sesuai dengan standar mutu pendidikan.Metode penelitian ini dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Jenis Penelitiannya adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan Google Form dan observasi dimana peneliti dapat memperoleh data yang berkaitan dengan pendidikan anti korupsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket.Sampai saat ini jumlah guru di SD Mutiara Bangsa yaitu berjumlah 16 orang, Jumlah siswa di SD Mutiara Bangsa tercatat saat ini adalah 100 orang siswa dari kelas 1 sampai 6. Sarana dan prasarana SD Mutiara Bangsa belum cukup memadai untuk kelangsungan proses belajar karena memiliki gedung kelas yang terbatas, gedung yang serba ada sangat terbatas dan perlu perbaikan gedung sekolah. Upaya pemeliharaan sarana dan prasarana di SD Mutiara Bangsa memiliki anggaran pemeliharaan dari pihak sekolah itu sendiri dan dari pemerintah sudah menempatkan untuk biaya pemeliharaan. sarana yang sudah tidak dipakai lagi dan untuk manfaat dalam pemeliharaan sarana prasarana sangat besar, pemeliharaan tersebut dapat membuat kenyamanan bagi warga sekolah.


Keywords


Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, Meningkatkan

Full Text:

PDF

References


Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, hal. 2.

Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah, Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, hal. 3.

Barnawi & M. Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Cet. I; Yogyakarta: Ar

Daryanto. (2014). Administrasi Pendidikan, Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta, hal. 51.

E. Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hal. 50.

Hasan Shadily. (2005). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia, hal. 372.

Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan 2, (Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2014), h. 242.

Ruzz Media, hal. 47-48.

Sulistyorini. Manajemen. hal. 115-116.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta:PT. Ciputat Press, hal.41.

Ulbert Silalahi. (2005). Pemahaman Praktis Asas-Asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju, hal. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.106-109

Article Metrics

Abstract view : 388 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.