PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran dasar desain grafis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Instrument penelitian ada 2 macam yaitu instrument validitas dan instrument praktikalitas. Pengujian validitas melibatkan pakar materi desain grafis dan pakar multimedia. Uji praktikalitas melibatkan guru dan 15 siswa kelas X Multimedia SMKN 3 Mukomuko. Hasil analisis data menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Dasar Desain Grafis sudah valid dari aspek instruksional dan aspek tampilan, serta sudah praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran dasar desain grafis
Full Text:
PDFReferences
Afriani, L., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2141–2148.
Armiya, & Huda, A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(1), 1–9.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104.
Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. XIII(2), 155–167.
Giana, G. J., & Lutfi, S. (2019). pengembangan media pembelajaran berbasis vidio tutorial mata pelajaran dasar desain grafis pada kelas X Multimedia di SMK N 1 Sakra. Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1).
Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash cs6 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi kesetimbangan kimia. 10(01), 1910–1924.
Khotijah, S., Razaqi, R., & Suparto, A. (2021). pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis POWERPOINT pada mata pelajaran dasar desain grafis siswa kelas X TKJ SMK Nurul Huda Kapongan tahun ajaran 2020-2021. Jurnal Nasional Holistic Science, 1(2), 46–51.
Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 681–692.
Nelawati, U., & Saliman, S. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe flash untuk pembelajaran IPS SMP. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(2), 103–117.
Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84.
Zhelmico Hananta Agustiar, S. C. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di Smk Negeri 1 Mojokerto. Jurnal IT-EDU, 5(1), 23–29.
Nababan, Netty. “Pengembangan Media Pembeljaran Berbasis GEOGEBRA Dengan Model Pengembangan ADDIE Di Kelas XI SMAN 3 Medan” 6, no. 1 (2020): 37–50.
Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.628-632
Article Metrics
Abstract view : 1665 timesPDF - 775 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.